Idris : Bantuan PKH Bukan Untuk Kepentingan Politik

Wagub Idris Rahim

RadarGorontalo.com – Wakil Gubernur Idris Rahim menegaskan bahwa bantuan pemerintah murni program kerakyataan dan bukan untuk kepentingan politik.

Penegasan Wagub Idris Rahim disampaikan dihadapan para pendamping PKH saat memimpin Rapat Evaluasi Pelaksanaan Verifikasi, Validasi dan Updating Data Penerima Bantuan Sosial PKH tahun 2019, kemarin.

Dia menambahkan para pendamping harus lebih intensif dalam memantau perkembangan setiap KPM. “Penerima PKH harus benar-benar tepat sasaran.

Untuk itu setiap pendamping harus melakukan verifikasi dan validasi data KPM yang sudah tidak layak menerima bantuan sosial,” imbuhnya.

Wagub juga mengingatkan para pendamping untuk tidak terlibat dalam politik praktis dan dapat bersikap netral dan independen, serta fokus terhadap tugas yang diembannya.

“Jangan mau dimanfaatkan untuk kepentingan politik, apalagi sampai menjadi juru kampanye,” tambahnya. Sebagai mitra pemerintah dalam mensukseskan program yang teraviliasi dengan program penurunan angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo.

Pendamping merupakan garda terdepan yang diharapkan mampu mengawal, memantau, dan membina KPM. Para pendamping juga diminta untuk lebih intensif memantau penggunaan dana bantuan sosial oleh KPM, serta melaporkan setiap permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam penyaluran bantuan sosial.

“Jangan hanya bekerja rutin saja. Pendamping harus bisa memberikan edukasi, advokasi, dan membina KPM agar mereka mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Kami berharap dengan maksimalnya peran pendamping di lapangan, angka kemiskinan kita bisa turun hingga kisaran angka 13 atau 14 persen,” ujar Wagub. (RG)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *