Idah Caleg Wanita Pertama yang Lolos ke DPR RI, Ini Dia Analisa Politiknya

Ilust Radar

RadarGorontalo.com – Ternyata kecintaan rakyat Gorut kepada Rusli Habibie sangat besar, meski hanya 3 tahun menjabat sebagai Bugati, namun dukungan rakyat kepadanya sangatlah tinggi.

Gorut bisa dibilang merupakan basis dari Bupati pertama Gorut ini, karena dua kali Pilgub, Gorut penyumbang suara dengan presentase tertinggi. Tidak hanya mantan Bupati, tetapi kecintaan kepada mantan ketua penggerak PKK juga diberikan rakyat Gorut.

Lihat saja di survey Golkar, dukungan suara dari sana di atas 50 persen, sama dengan survey yang dilakukan pihak lain, tetap menempatkan Idah Syahidah di atas 50 persen.

Menariknya lagi, di Boalemo, survey Idah sangat tinggi sekali, paling tinggi dari semua daerah. Ini yang mengundang pertanyaan mengapa Idah bisa sangat kuat di Boalemo.

Dan di dapil Boalemo – Pohuwato ini, sepertinya menjadi basis murni dari Idah Syahidah. Sejarah membuktikan, beberapa istri kepala daerah selalu terpilih di Pileg, Kasma Bokings misalnya, dia bisa terpilih jadi aleg DPR RI, dimana ketika itu Iwan Bokings jadi Bupati Boalemo.

Lalu Rahmijati Yahya, istri David Bobihoe, dua kali lolos ke DPD RI ketika suaminya menjabat Bupati Kabgor 2 periode. Demikian pula dengan Hana Hasanah, dia bisa lolos ke DPD RI karena suaminya Gubernur.

Namun pasangan suami istri ini maju pada periode kedua setelah Fadel bukan lagi Gubernur. Sekarang Idah Syahidah istri Gubernur Gorontalo ini menjadi wanita pertama yang akan lolos ke DPR RI dengan suara tertinggi.

Prediksi ini berdasarkan hasil survey, sebab, baik survey yang dilakukan Golkar maupun yang dilakukan partai lain, semuanya menempatkan Idah Syahidah pada posisi paling atas. (RG)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *