Kabar Gembira, 2019 UMP Gorontalo Naik Jadi Rp 2,3 Juta

Ilustrasi

RadarGorontalo.com– Upah mininum provinsi (UMP) Gorontalo 2019 naik jadi Rp 2.384.020 juta atau 8,03 persen dari tahun sebelumnya. UMP itu ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Nomor 350/15/X/2018 tertanggal 29 Oktober 2018.

Efektinya pemberlakukan ini, 1 Januari 2019 mendatang dengan merujuk surat edaran Kementrian Ketenagakerjaan RI dan berlaku untuk seluruh Indonesia. Hal ini terungkap pada rapat sosialisasi Upah Minimum Provinsi Gorontalo yang berlangsung di kantor Bapppeda, Jumat (26/11).

Menurut Kabid Nakertrans Dinas PNM, ESDM dan Nakertrans Provinsi Gorontalo, Amir Hadju bahwa perhitungannya diambil dari penambahan UMP 2018 dikalikan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional, sesuai dengan pasal 44 ayat 1 dan ayat 2 PP Nomor 78 tahun 2015.

Kami berharap agar keputusan gubernur ini dapat dipatuhi oleh semua pihak, khususnya bagi para pengusaha yang ada di Gorontalo. Ia menilai, penerapan UMP belum semua dijalankan bergantung kelas jenis usaha yang dijalankan oleh setiap perusahaan.

In Shaa Allah, tim kita akan yang selalu turun untuk melakukan monitoring di lapangan, kata Amir sembari menyampaikan bahwa ada sebagian yang belum menerapkan UMP, karena perusahaan itu ada kelasnya.

Ada perusahaan yang skala besarnya, menengah atau kecil, sehingga penerapan UMP juga berbeda-beda, tandasnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *