H&M Homestay dan Keramahan yang ‘Super Ramah’

Foto Istimewa

RadarGorontalo.com – “Jangan biarkan homestay ini ‘terhempas’ ketika berada di antara harapan dan kenyataan!. Harry & Mimin Homestay punya sebuah nilai yang justru harus dipertahankan dan dijaga bersama”.

RUMAH sederhana di pojok sebuah kampung, sempat menyita perhatian sejumlah pekerja media dan pemerhati pariwisata, setidaknya dalam dua pekan terakhir ini. Rumah yang menjadi pesanggrahan para turis asing itu, kabarnya bakal ditutup karena sesuatu dan lain hal.

Kata seorang teman yang juga pekerja media, “Kalau Homestay ini ditutup, itu sama halnya dengan ‘mengakhiri’ kedatangan turis asing di kota ini!”.

Dia menjelaskan, Harry & Mimin Homestay ini, sudah terlanjut mendunia. Mendunia karena keramahannya. “Kau buka laman tripadvisor. Dan liat bagaimana opini para tamu asing yang pernah singgah dan tinggal di homestay ini,” pinta teman saya.

Jl. Gunung Rinjani No.21, Siendeng, Hulonthalangi, Gorontalo 96111, Indonesia. Bagitu alamat Harry & Mimin Homestay, tertera di web tripadvisor.

Ada 20 ulasan disitu. Ulasan dari turis asing yang pernah singgah di homestay ini, sangat positif. Saking positifnya opini wisatawan asing, homestay ini pun berada di peringkat Luar Biasa!. Martin B, salah satu turis asing, mengutarakan pendapatnya di web tripadvisor, “Homestay Super Ramah”.

Di 20 ulasan para turis asing itu, saya mendapati satu kata yang sama, Ramah!. Keramahan ini didapat turis dari Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Amerika dan beberapa Negara di dunia lainnya, saat tinggal di Harry & Mimin Homestay.

Seperti apa keramahan dan pelayanan yang disuguhkan kepada para turis asing, dijelaskan detail dalam 20 ulasan itu. Bukti keramahan dan kekeluargaan yang begitu dekat dengan para turis asing, juga diabadikan dalam beberapa tayangan video dan foto-foto di akun Instragram Harry & Mimin Homestay.

Disana ada tayangan cooking class, saat turis asing belajar masak masakan khas Gorontalo. Dua bocah yang diajarkan bahasa Spanyol oleh seorang turis perempuan asal Spanyol.

Dan masih banyak lagi dokumentasi yang mendeskripsikan betapa kentalnya suasana kekeluargaan dan keramahan di  Harry & Mimin Homestay.

Homestay yang dikelola Hariyanto dan Mimin ini tampil apa adanya. Tapi mereka punya sesuatu yang tak dimiliki oleh penginapan sejenisnya, bahkan penginapan mewah sekalipun. Mereka punya keramahan yang ‘super ramah’. Dan itu telah dilihat dunia.

Bagi saya, keramahan Harry & Mimin Homestay yang mampu memesona turis mancanegara, adalah representasi keramahan Indonesia, menjadi bagian dari keramahan Gorontalo.

Jangan biarkan homestay ini ‘terhempas’ ketika berada di antara harapan dan kenyataan!. Harry & Mimin Homestay punya sebuah nilai yang justru harus dipertahankan dan dijaga bersama.

Biarkan H&M Homestay ini menjadi bagian dari dunia. Biarkan dia menjadi ‘cermin raksasa’ keramahan Gorontalo yang masih bisa dilihat dunia.(*Fadli*)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.