Haram Merokok Sambil Berkendara

ilustrasi

RadarGorontalo.com – Polres Gorontalo Kota akan mulai berlakukan tindakan bagi mereka yang berkendara sambil merokok. Walaupun baru akan sebatas teguran, tapi perlahan sangsinya bisa berupa penilangan.

Kata Kapolres Gorontalo Kota AKBP Yan Budi Jaya mengatakan, salah satu pelanggaran itu memang ada pasalnya. Dan siapa yang melanggar, sudah pasti akan ditindaki oleh unit Satlantas Polres Gorontalo Kota. “Kalau di kota besar, itu langsung ditilang. Kalau di Kota Gorontalo, akan diberikan tindakan teguran, karena merokok sambil berkendara, juga masuk pada pasal tentang mengganggu konsentrasi pengendara,” ujar Kapolres.

Sementara khusus pada pelaksanaan Operasi spatuh, yang digelar selama 14 hari sejak Kamis (26/04). Baru memasuk dua hari, jumlah pelanggar sudah mencapai 101 orang. Dengan berbagai jenis pelanggaran, baik tidak menggunakan tutup kepala atau helem, kaca spion, surat-surat kendaraan, SIM dan usia yang belum bisa dikatakan wajib berkendara. Termasuk mereka yang menggunakan Hp, saat berkendaraan. “Pelanggaran yang mendominasi saat ini, pelanggar yang tak menggunakan helm, usia dibawah kewajara atau masih sekolah dan menggunakan hp saat berkendaraan,” terang Kapolres. “Saya mengimbau, pada masyarakat Kota Gorontalo, jika ingin berkendara harus lengkap,” timpalnya.

Bukan hanya masyarakat saja, Perwira berpangkat Dua Bunga itu menegaskan, bagi anggotanya yang ditemukan melanggar aturan lalulintas, pasti ditindak. “Siapapun dia, jika anggota saya melanggar, siap saya tindaki sesuai aturan yang berlaku. Kita sebagai pengayom masyarakat, adalah contoh dan pelopor bagi yang lainnya,” tutur Kapolres.

Sementara itu, operasi serupa di Bone Bolango, berhasil menjaring 99 pelanggar. Kasat Lantas Polres Bone Bolango Iptu Dwi Jatmiko SH. SIK menuturkan, Untuk penindakan sasaran kami pengendara sepeda motor/bentor yang tidak menggunakan helm standar (SNI), pengendara roda empat atau lebih yang tidak mengunakan safety belt, pengendara roda empat atau lebih yang melebihi batas kecepatan, mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk, mengunakan handphone pada saat mengemudi, pengendara dibawah umur dan melawan arus. “Jadi siapkan surat-surat dan kelengkapan kendaraan anda, stop pelanggaran dan stop kecelakaan,”ujar Dwi yang didampingi KBO Lantas Ipda Sarton Mohammad SE dan Kanit Patroli Aipda. Ronald Hulukati. Dan untuk operasi kali ini berhasil melakukan penindakan terhadap 99 pelanggar terdiri dari kendaraan roda dua dan roda empat diwilayah hukum Kabupaten Bone Bolango. (RG-62/54)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *