Hanura Kubu Ekwan Diakui KPU, Siap-siap Rolling Jabatan

SUASANA verifikasi faktual oleh KPU Kota Gorontalo, di kantor DPC Hanura Kota Gorontalo, Rabu (31/1), jalan Brigjen Piala Isa, kelurahan Wonggaditi Timur, Kota Utara, Kota Gorontalo.

RadarGorontalo.com – Kedatangan KPU Kota Gorontalo dalam rangka verifikasi faktual parpol ke Ekwan Ahmad selaku Ketua DPC Hanura Kota Gorontalo, memastikan bahwa kepengurusan versi kubu Oesman Sapta Odang (OSO) adalah yang diakui pemerintah. Usai verifikasi ini, kh, Rabu (31/1), Ekwan berencana akan melakukan rolling jabatan dan komisi Aleg Hanura yang ada di Dekot Gorontalo.

“Dualisme sudah selesai dan kita lihat sendiri verifikasi yang dilakukan KPU mengacu pada SK Menkumham yang mengesahkan kepengurusan OSO,” terang Ekwan. Sedangkan soal struktur kepengurusan, menurut Ekwan, DPP memberi kebebasan kepada daerah. Dalam artian, daerah bisa melaksanakan muscam ataupun tidak. Yang jelas, bagi siapa yang mau membesarkan partai di masing-masing wilayah, akan diajak duduk bersama. “Pak OSO tidak ingin ada duri di dalam daging. Oleh karena itu, saya menyampaikan kepada teman-teman, bahwa saya hanya menyelamatkan partai,” tegasnya lagi.

Tak cukup melakukan perombakan kepengurusan hingga ke tingkat PAC, rencananya Ekwan juga akan melakukan rolling komisi untuk Aleg Hanura yang ada di Dekot. Bahkan, terkait rencana itu, pihaknya sudah menyerahkan Surat Keputusannya (SK) kepada Ketua DPRD Kota Gorontalo Fedriyanto Koniyo. “Kami tinggal menunggu jawaban dari Ketua DPRD. Soal siapa-siapa saja, barang kali mereka yang melekat, termasuk rolling Komisi. Sebab itu haknya DPC,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam verifikasi faktual kemarin, Ketua DPC Hanura Kota Ekwan Ahmad, didampingi oleh Sekretaris DPC, Arman R. Bouato dan seluruh jajaran DPC Kota menerima langsung komisioner KPU. Tak butuh waktu lama, KPU langsung melakukan verifikasi administrasi, dilanjutkan dengan verifikasi terhadap anggota partai yang namanya masuk dalam verifikasi faktual.

Anggota KPU Kota Gorontalo, Lapandi Ilahude, Sukrin Taib didampingi oleh Panwas kecamatan dalam keterangannya saat melakukan verifikasi, bahwa pihak KPU akan melihat kesesuaian data yang dimasukan oleh partai saat mendaftar dan jika terdapat perubahan, maka akan dilakukan perbaikan. “Meskipun terdapat perbedaan dari data yang dimasukan sejak awal, namun partai diberikan kesempatan melakukan perubahan. Dengan demikian partai harus pro aktif terhadap segala kekurangan yang ada,” ungkap Lapandi.

Pada intinya, menurut Lapandi, bahwa peluang untuk melakukan kelengkapan berkas masih terbuka lebar dan partai harus memanfaatkan waktu tersebut. Menariknya, dalam verifikasi yang berlangsung sekitar pukul 11.00 Wita itu, turut dihadiri juga oleh beberapa pengurus DPD dan pengurus DPC Hanura dari Kabupaten lainnya. (rg-63)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *