Hamim Bangun 22 Ribu UMKM

BUPATI Hamim Pou membuka kegiatan Bimtek UMKM sekaligus mencicipi salah satu produk UMKM Bone Bolango di Graha Ibu Kota Gorontalo, rabu (15/3)

RadarGorontalo.com – Hamim itu Bupati paling inovatif. Program dan kebijakannya selalu terbaik. Apalagi bicara soal membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Hamim benar-benar punya kebijakan yang menguntungkan para pelaku usaha kecil.

Makanya tidak heran lagi, sesuai data Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Bone Bolango menyebutkan sampai saat ini, sudah ada 22 ribu pelaku UMKM di kabupaten Bone Bolango. Bukan hanya usahanya yang dibangun, rabu (15/3), Hamim juga mengukuhkan pengurus Asosiasi UMKM kabupaten Bone Bolango di Graha Ibu Kota Gorontalo.

Tujuannya agar pelaku UMKM di Bone Bolango bisa terkoordinir dengan baik. Bukan itu saja, Pemda juga menggelar bimbingan teknis UMKM sebagai sarana pemberdayaan bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, memudahkan mendapatkan akses pembiayaan lembaga keuangan, baik perbankan maupun non perbankan.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan kepada para pelaku UMKM mendapatkan pendampingan dalam pengembangan usaha, baik yang dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah daerah. Meski jumlah pelaku UMKM sebanyak 22 ribu, namun bagi Bupati Hamim belumlah cukup dan masih relatif kurang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Bone Bolango yang mencapai 160 ribu jiwa.

Makanya Bupati menginstruksikan kepada Dinas Perindustrian agar terus meningkatkan jumlah pelaku UMKM atau warga yang bergerak di dunia usaha sampai bisa mencapai 90 sampai 95 persen dari jumlah penduduk Bone Bolango. “kalau jumlah pelaku UMKM di Bone Bolango sudah mencapai 90 sampai 95 persen, itu baru luar biasa.” tegasnya.

Namun demikian, Bupati Hamim mengucapkan terima kasih kepada para pelaku UMKM. “mereka inilah orang-orang yang sudah berkontribusi besar untuk kabupaten Bone Bolango. Pahlawan-pahlawan yang tidak menambah beban pemerintah, tetapi menjadi penyumbang utama perekonomian Bone Bolango.” ungkapnya.

Kalau ingin menjadi negara maju, maka UMKM adalah pilarnya. Negara-Negara maju itu punya masyarakat yang 99 persen bergerak di dunia usaha. “makanya, Bone Bolango juga harus menjadi daerah maju. Karena itu, kita harus menggiatkan dunia usaha di Bone Bolango, termasuk UMKM.” papar Hamim, sembari berharap agar 22 ribu pelaku UMKM saat ini bisa terus dirawat, dimonitoring, disupervisi, dibina, bahkan jika perlu bisa naik menjadi pengusaha kelas menengah.

Selain dari kebijakan diatas, Bupati Hamim juga memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM dalam mengurus perizinan. “sekarang pengurusan ijin usaha tidak perlu ke Bupati atau dinas terkait. Cukup pelaku usaha datang ke kantor kecamatan setempat.” ujarnya. Bahkan, Bupati berkeinginan besar pengurusan ijin usaha cukup di desa dan kelurahan.

Namun demikian, Bupati mengingatkan jangan sampai pendelegasian wewenang Bupati ke Camat melalui Peraturan Bupati (Perbup) ini akan menimbulkan biaya yang tinggi. “saya tegaskan, jangan coba-coba mempersulit pengurusan ijin usaha, baik soal administrasi ataupun biaya. Kalau memang dalam pengurusan ijin tidak ada biayanya, maka jangan coba-coba memungut biaya apapun dari para pelaku usaha yang mengurus ijin.” tegas Hamim. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.