Hadapi Era Revolusi Industri, YBMG Lahirkan SDM Berdaya Saing

Dr. Ir. Azis Rachman, MM

RadarGorontalo.com -Arus deras globalisasi, telah menyebabkan terjadinya perubahan di berbagai aspek dan sendi-sendi kehidupan. Perubahan tersebut disertai dengan perkembangan teknologi yang kian canggih.

Dan dunia kini memasuki “babak baru”, era revolusi industri 4.0, sebuah era yang menitikberatkan pada pola digital economy, artificial intelligence, bigdata, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

Menghadapi tantangan tersebut, kata Ketua Yayasan Bina Mandiri Gorontalo (YBMG), Dr. Ir. Azis Rachman, MM, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut melakukan perubahan, termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan, Generasi Milenial.

“Tidak ada jalan lain, sebagai pengelola Perguruan Tinggi dan Yayasan bersama-sama harus mampu membangun komitmen untuk terus melakukan inovasi dan terobosan dalam rangka meningkatkan mutu dan standart Pendidikan Tinggi.

Walaupun di sisi lainya ,masih dibatasi dengan berbagai regulasi dan standar yang masih menutut adanya system konvensional,” kata Dr. Azis Rachman.

Institusi Perguruan Tinggi yang dikelola YBMG saat ini, kata Dr. Azis, terus berupaya melakukan berbagai terobosan dalam rangka mewujudkan program strategis yang terus dikembangkan dalam tiga tahun terakhir.

Salah satunya adalah program penguatan dan pengembangan kapasitas perguruan tinggi melalui penyatuan (merger) beberapa PTS di YBMG.

“Sebagai Yayasan penyelenggara, tentunya sangat mendukung berbagai program strategis yang telah dicanangkan untuk pencapaian visi dan misi kedepan, sekaligus yayasan memberikan apresiasi yang tinggi atas berbagai capaian program pengembangan yang telah dilakukan oleh seluruh civitas akademika.

Sehingga keberhasilan tersebut dapat kita lihat dari proses pelaksanaan wisuda yang akan digelar besok (hari ini, red),” kata Dr. Azis.

Dan apa yang dilakukan YBMG bersama perguruan tinggi STIM Bisnis Gorontalo dan STIKES Bina Mandiri Gorontalo, serta PPs STIA Bina Taruna Gorontalo, kata Dr. Azis, adalah telah melakukan pembenahan bersama-sama pengelola untuk mampu menjawab tantangan yang semakin kuat termasuk arus perubahan kebijakan yang semakin dinamis.

“Semua ini tidak lepas dari dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan selama ini oleh pemerintah pusat melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Sulawesi dan Gorontalo.

Kami juga mengucapan terima kasih kepada Pemerintah melalui Kepala LLDIKTI yang juga akan hadir pada pelaksanaan wisuda program Diploma, Sarjana dan Magister nanti,” kata Dr. Azis.

Pelaksanaan Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Magister di STIM Bisnis Gorontalo, STIKES-BMG dan PPs STIA Bina Taruna Gorontalo, juga bakal dihadiri oleh Rektor UMI Makassar Prof. Dr. Basri Modding, SE, M.Si. sebagai Guru Besar Bidang Ekonomi, yang juga sebagai Ketua APPERTI (Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi Indonesia) Wilayah Sulawesi Selatan, sekaligus Pembina APTISI Pusat. (rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *