Gubernur Serahkan Bantuan Senilai Rp 3,3 M Untuk Petani

Gubernur didampingi Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Idah Syahidah saat menyerahkan bantuan pertanian kepada masyarakat di Bone Bolango,

RadarGorontalo.com – Bantuan demi bantuan dari Pemerintah Provinsi Gorontalo, terus mengalir untuk masyarakat dikabupaten/kota. Kemarin, giliran petani di Bone Bolango yang mendapatkan kucuran dana sebesar Rp3,3 Milyar. Penyerahan bantuan dilakukan langsung oleh Gubernur Rusli Habibie didampingi Ketua TP PKK Idah Syahidah, di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Selasa (18/9).

“Bantuan ini kami berikan sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap masyarakat. Tolong pergunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Gubernur Rusli. Sementara itu, terkait dengan Bhakti Sosial NKRI Peduli, Rusli menjelaskan sengaja digulirkan untuk menjangkau warga kurang mampu di setiap kecamatan se Gorontalo.

Program ini membuka kesempatan bagi warga untuk mengakses sembako murah yang telah disiapkan. “Program ini sudah kami lakukan sejak tahun lalu. Sekarang kami keliling terus di setiap daerah. Perintah pak Jokowi negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Artinya pemerintah harus ada untuk mendengar, melihat dan mengetahui apa yang diinginkan oleh masyarakat,” tandasnya.

Pada kesempatan itu pula Gubernur Rusli juga berkesempatan menghibahkan tanahnya di lokasi tersebut untuk pengembangan ternak ayam KUR yang dikelola oleh Dinas Pertanian Pemprov Gorontalo. Tanah seluas 1,4 hektar itu sejak tahun 2013 sudah dimanfaatkan untuk pembibitan dan hasilnya dibagikan gratis kepada masyarakat.

Adapun bantuan yang diserahkan, terdiri dari benih padi hibrida 10.750 kg seluas 750 ha senilai Rp107.500.000, benih padi ladang 4.225 kg seluas 169 ha senilai Rp43.517.500, bantuan saprodi pengembangan cabe rawit merah seluas 75 ha senilai Rp2.172.060.000. Ada juga bantuan untuk peremajaan kelapa seluas 300 ha senilai Rp504.000.000 serta bantuan 950 ekor bibit ayam Kampung Unggulan Rusli (KUR) untuk tiga kelompok peternak setempat. Secara keseluruhan bantuan ayam KUR di Bone Bolango diberikan kepada 10 kelompok dengan nilai Rp.666.000.000. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.