Gorontalo Sumbang Rp 28 M untuk SPN

Ketua Deprov Paris RA Jusuf dan Kapolda Gorontalo Brigjen (Pol) Rachmad Fudail, saat melakukan penandatanganan MoU dukungan Deprov untuk pembangunan SPN Batudaa

RadarGorontalo.com – DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo, adalah institusi yang kesekian kalinya, menyatakan dukungan, plus menyetujui pemberian dana hibah untuk pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di provinsi Gorontalo, sebesar Rp 5 Miliar, yang berlokasi di kecamatan Batudaa, kabupaten Gorontalo. Ihwal akan resminya dukungan Deprov tersebut, dilakukan Minggu (7/5) kemarin, disalah satu restoran di kecamatan Telaga kabupaten Gorontalo, dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) atau kesepakatan. Yang tidak hanya ditandatangani oleh Ketua Deprov Paris RA Jusuf, lengkap dengan 3 unsur Pimpinan Deprov (Pimdeprov) lainnya saja.

Namun juga, turut menuai persetujuan dan penandatanganan MoU, dari para ketua-ketua fraksi yang ada di parlemen Puncak Botu tersebut. “Kami merasa bersyukur, terutama saya pribadi, merasa terharu, akan begitu banyak perhatian dan dukungan bantuan dari pemerintah di provinsi Gorontalo, akan bakal pembangunan SPN ini nanti,” ujar Kapolda Gorontalo, Brigjen (Pol) Rachmad Fudail, mengawali sambutannya. “Nantinya, dukungan hibah dari Deprov ini, rencananya akan digunakan untuk membantu pembangunan infrastruktur di gedung utama dari SPN itu nanti.

Sementara dari bantuan pemerintah kabupaten/kota, akan digunakan untuk membangun barak-barak yang akan ditempati oleh para siswa calon polisi di SPN tersebut,” jelas Kapolda kepada RADAR, usai pertemuan, kemarin.

Ditanya, akan jumlah total bantuan dana atau sumbangan dari pemerintah dan masyarakat se provinsi Gorontalo, untuk pembangunan SPN tersebut? “Ada sekitar Rp 28 Miliar sekian. Dimana, selain dari pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota, kita pun menerima sumbangan dari kalangan pengusaha di Gorontalo, seperti pak Deka (Saleh Hemeto), dan sebagainya,” ungkap mantan Karo Bindiklat Lemdikpol ini.

POLRES GORUT

Selain SPN, hal lain yang disampaikan Kapolda Gorontalo pada pertemuan tersebut, adalah telah adanya persetujuan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) terkait kelayakan dan kepatutan akan berdirinya Kepolisian Resort (Polres) Gorontalo Utara (Gorut), khususnya terkait penempatan personil-nya.

“Dalam kunjungan pak Men-PAN baru-baru ini di Gorontalo, beliau sudah menyatakan dukungan, untuk Polres Gorut, sudah harus dibangun. Olehnya, kini, tinggal dari Mabes Polri saja. Dalam artian, jika telah beroleh pula persetujuan dari Mabes Polri, maka kami berharap, SPN Batudaa dan Polres Gorut, akan berjalan beriringan kelak pembangunan dan keberadaannya nanti,” pungkas Kapolda. (rg-28)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *