Gorontalo Mampu Ekspor Jagung 150 Ribu Ton, Ini kata Mentan Amran

Mentan bersama Gubernur, saat menaiki traktor melakukan panen diraya di Kecamatan Tibawa, kemarin (f.hms/salman)

RadarGorontalo.com – Kinerja Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bersama jajaran, kembali mendapat pujian dari Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman. Mentan menganggap Rusli Habibie sebagai gubernur yang cerdas, ulet, punya komunikasi yang sangat bagus dan selalu menyenangkan.

Hal ini diungkapkan Amran pada diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang dilaksanakan di aula Rumah Dinas Gubernur, kemarin. Menurutnya, Gorontalo sangat hebat karena menjadi salah satu provinsi yang berhasil dalam meningkatkan ekspor jagung Indonesia.

Selain itu, Gorontalo juga punya kontribusi terbesar dalam penurunan kemiskinan di Indonesia sehingga dapat mencapai 1 digit. Mentan menjelaskan, selama tahun 2001-2014, Indonesia identik dengan impor jagung. Namun mulai Tahun 2016, perlahan dapat membalikkan keadaan tersebut menjadi negara yang mampu meningkatkan ekspor jagung.

“Tidak mudah satu komoditas ini kita balik dari impor menjadi ekspor, dan ini kerja kita semua termasuk Gorontalo,” jelas mentan. Sesuai data yang diungkapkan oleh Mentan, pada tahun 2018 Gorontalo berkontribusi besar untuk meningkatkan ekspor jagung Indonesia.

Dari jumlah total ekspor jagung sebesar 380 ribu ton, Gorontalo mampu menyumbang sebesar 113 ribu ton. Gorontalo juga telah memasang target untuk dapat mengekspor jagung di tahun 2019 ini dengan jumlah 150 ribu ton. Mentan pun kembali memuji atas kinerja Rusli Habibie.

“Kami senang kalau gubernur bekerja keras, turun di lapangan,” kata Amran. Dalam kesempatan tersebut pula, Mentan berjanji kepada Gubernur Gorontalo untuk memberikan bantuan program ayam 50 ekor per rumah tangga miskin untuk menurunkan kemiskinan.

“Kalau diberi 50 ekor perumah tangga miskin, pendapatannya naik menjadi menjadi 3 juta, lepas dari kemiskinan dalam waktu enam bulan, kandang gratis, pakan gratis,” janji Mentan. (Mee)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *