Gerakan Koin 500 Lahirkan Harapan Baru, Nelson : Ini Patut Ditiru Oleh Desa Lain

Warga desa polohungo yang mendapat apresiasi dari BUpati Gorontalo karena mampu melahirkan Inovasi baru bagi masyarakat dan desanya. (Foto : Irfan/RG)

RadarGorontalo.com – Pemerintah Kabupaten Goronntalo kembali berdecak kagum dengan gerakan koin 500 yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Polohuno Kecamatan Tolangohula. Dimana, gerakan koin 500 ini merupakann inisiatif dari seluruh masyarakat yang menginginkan ada warna baru dalam hal membangun desa. Kebanyakan orang, dengan uang koin 500, sering kali dianggap tidak punya manfaat yang besar, sehingga gerakan koin 500 ini diciptakan. Alhasil, dengan gerakan ini, Pemerintah Desa sudah mampu membangun rumah warga miskin.

Desa Polohungo memiliki 270 Kepala Keluarga, kalau setiap harinya mengumpulkan koin 500, maka terkumpul 135 ribu tiap hari, dan jika dihitung satu bulan maka akan menghasilkan kurang lebih 4 juta.

Hal ini yang membuat Bupati Gorontalo cukup berbangga diri karena melihat masyarakatnya yang sudah cerdas. DItegaskannya bahwa masyarakat seperti ini yang saya harapkan. Tidak selalu mengharapkan bantuan dari Pemerintah, tetapi bagaimana menciptakan gerakan dan inovasi baru untuk membangun Desanya. Apalagi, saya dengarm, gerakan koin 500 ini bukan hanya untuk membangun rumah bagi warga miskin, tetapi juga membantu masyarakat yang melaksanakan hajatan pesta, untuk transportasi bagi warga yang ingin berobat, dan lain sebagainya.

Saya harap, gerakan seperti ini diikuti oleh desa lain, atau bahkan, desa lain mencari inovasi baru untuk bisa membangun Daerah dari desanya. Yang pastinya, saya memberikan apresiasi besar kepada masyarakat dan Pemerintah Desa Polohungo, karena meskipun berada ditempat yang terpencil, tetapi kebersamaan mereka sangat luar biasa. “Jempol untuk masyarakat Polohungo”, ujar Nelson. (RG-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *