Genap Berusia 100 Tahun, Oma Ching Diberi Penghargaan

Wakil Walikota Gorontalo dr. Charles Budi Doku, ketika memberikan plakat penghargaan pada Oma Ching yang genap berusia 100 Tahun.
Wakil Walikota Gorontalo dr. Charles Budi Doku, ketika memberikan plakat penghargaan pada Oma Ching yang genap berusia 100 Tahun.

RadarGorontalo.com – Genapnya berusia satu abad seorang warga Kota Gorontalo, dalam hal ini Oma Ching, kata Wakil Walikota (Wawali) dr. Charles Budi Doku, merupakan satu bukti bahwa usia harapan hidup di Kota Gorontalo sudah meningkat. Sehingga sebagai wujud apresiasi Pemerintah Kota, Wawali memberikan penghargaan pada Oma Ching, atas kegenapan usianya 100 tahun.

Apresiasinya tersebut, Wawali berharap, dapat memotivasi pihak instansi terkait yang menangani soal keluarga lansia, agar terus meningkatkan pelayanan kesejahteraan sosial serta pemberdayaan lanjut usia. Karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat di bidang kesehatan, sosial ekonomi masyarakat dan semakin meningkatnya pengetahuan masyarakat, maka secara signifikan meningkatkan pula usia harapan hidup. Sehingga menyebabkan jumlah penduduk lanjut usia, dari tahun ke tahun semakin meningkat. “Ini apabila tidak segera diantisipasi dengan berbagai program pemberdayaan, maka keberadaan lanjut usia akan menjadi permasalahan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota berupaya agar lansia dapat melaksanakan fungsi sosialnya serta berperan aktif dalam hidup bermasyarakat,” ungkap Wawali.

Oma Ching saat foto bersama pemerintah dan anaknya
Oma Ching saat foto bersama pemerintah dan anaknya

Kondisi yang cukup baik ini tambah Wawali, tidak hanya merupakan hasil dari kinerja pemerintah saja, namun berkat peran serta masyarakat dan lingkungan yang mendukung. “Tanpa peran serta masyarakat, termasuk dari kalangan lansia, akan sulit diwujudkan usia harapan hidup yang tinggi tersebut,” tutur Wawali.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.