Gelar Adat untuk Indra Yasin, ‘Tauwa Lo Madala’

Indra yasin saat menerima gelar adat

RadarGorontalo.com – Mendapatkan satu gelar adat merupakan satu predikat yang tidak gampang. Bahkan untuk menyandangnya, tentu melalui perjalanan yang sangat panjang dan cukup lama, didasari lewat pengamatan dan penilaian, hingga dimusyawarahkan.

Begitu pun gelar adat yang baru saja diberikan kepada Bupati Indra Yasin Selasa (23/05) di Rudis Bupati. Musyawarah dewan adat memutuskan bahwa Indra Yasin diberi gelar Pulanga (Gelar Kehormatan) sebagai Ta’uwa (Pemimpin) dengan julukan ‘Tauwa Lo Madala’ atau Pemimpin di Negeri yang Indah.

Sehingga dari gelar adat yang sudah ada, ada 5 gelar yang sudah diberikan, dan itu sudah disandang oleh 4 tokoh lainnya, hingga yang terakhir untuk Bupati Indra Yasi dengan julukan Tauwa Lo Madala.  Dari 5 macam gelar tersebut masing masing ada, Tauwa Lo Linggua, Tauwa Lo Data, Tauwa Lo Hunggia, Tauwa Lo Lahuwa, dan yang terkahir Tauwa Lo Madala itu sendiri. Sehingga dengan penganugerahan gelar adat Gorontalo ini maka sudah ada 3 gelar yang disandang Bupati Indra Yasin. Anugerah adat dari Keraton Surakarta, Gelar adat Masyarakat Suku Sangihe, dan terakhir Gelar adat Pulanga Gorontalo sebagai Tauwa.

Bupati Indra Yasin sendiri akan gelar yang disandangnya mengaku sangat bersyukur. Melalui pengamatan para dewan adat, maka ini tentu merupakan satu kehormatan besar, bahwa selama ini pola kepemimpinannya kepada rakyat dinilai. Dan akhirnya diberi gelar, maka amanah ini akan dijaga sebaik-baiknya. (RG)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *