“Gagasan Besar” Almarhum, Sempat Fokus pada Pengembangan Science Fundamental Bidang Astrophysics

 

Almarhum Muhammad Yusuf, S.Si, M.Si semasa hidup

RadarGorontalo.com – “Tiga tahun lalu, seorang Guru Besar Universitas Hasanuddin (Unhas), pernah berungkap kepada saya. UNG sangat beruntung punya Muhammad Yusuf (almarhum, red). Beliau adalah ilmuan langka. Dan pribadinya, menunjukkan tingkat keilmuannya (bidang Fisika, red).” Begitu yang diungkap Wakil Rektor I UNG, Prof. Dr. Ir. Mahludin Baruadi, MP, ketika memberi sambutan atas nama institusi UNG pelepasan jenazah Muhamad Yusuf, Rabu (18/10). Usai sholat jenazah, jenazah Almarhum Muhammad Yusuf dilepas dan dihantarkan unsur pimpinan UNG, pimpinan Fakultas MIPA dan mahasiswa. Almarhum Muhammad Yusuf, dikenal karena keilmuannya di bidang Fisika.

Semasa hidup, almarhum beberapa kali menjadi pembicara di seminar-seminar internasional, termasuk juga pernah menjadi pembicara di konferensi internasional di London 2016. Tak hanya itu saja, almarhum Muhamad Yusuf juga dikenal dengan gagasan-gagasan besarnya. Ketua Prodi Fisika Murni Fakultas MIPA UNG ini, termasuk dosen yang sempat memfokuskan diri pada pengembangan Science Fundamental, khususnya bidang Astrophysics.

Di tahun 2016 lalu, ia sempat mempresentasikan proposal pengembangan Science Fundamental bidang Astrophysics yang menggunakan instrument teleskop canggih yang dilengkapi sensor infra red, mampu mendeteksi black hole, dark matter, dark energy untuk membuktikan pemikiran ilmuan besar Fisika Albert Einstein tentang General Relativity dan Gravitasi di alam semesta. Gagasan besar yang pernah ia presentasikan dihadapan Rektor UNG pada sekitar Agustus 2016 itu, merupakan salah satu keinginan besarnya, yang ingin menjadikan UNG sebagai yang terdepan dalam riset dan pembelajaran tentang fenomena alam semesta. (rg-40)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *