FPDL Makin Seru, Ini 88.950 Tusuk Sate yang Pecahkan Rekor Dunia

Ketua PKK Fory Naway, Ketua Panitia FPDL Hen Restu Tanjung bersama tim dari Rekor MURI dalam rangka memeriahkan FPDL menyajikan 88.950 tusuk sate yang dinyatakan sebagai sate terbanyak dan berhak mendapatkan sertifikat

RadarGorontalo.com – Sebanyak 88.950 tusuk sate yang disajikan pada Festival Pesena Danau Limboto, Senin (24/9) sore tadi berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Pemecahan rekor tersebut merupakan salah satu upaya mempromosikan adat dan budaya yang digelar pada Festival Pesona Danau Limboto (FPDL).

Kegiatan yang diprakrasai Tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo ini merupakan sejarah baru dalam perhelatan FPDL tahun ini. Bukan saja pecahkan rekor MURI namun rekor dunia.┬áDimana kegiatan yang bertemakan ‘Go Regional Culinary Festival’ tersebut digelar terbuka di pesisir Danau Limboto. Keberhasilan ini bukan saja melibatkan PKK namun juga melibatkan semua unsurmasyarakat.

 

 

Dari pantaun Radar online, berbagai jenis sate mulai dari sate daging sapi sebanyak 37.575 tusuk dengan berat daging sapi 679 kg, sate ayam 20.975 tusuk dengan berat daging 674 kg, sate tuna 26.850 tusuk dengan berat daging 683 kg dan Sate kambing 200 tusuk dengan berat daging kambing sejumlah 4 kg, sate jamur 150 tusuk dengan berat 3 kg, sate cumi 1.100 tusuk, sate bebek 200 tusuk, sate kerang 1000 tusuk dengan jumlah total sate 88.950 tusuk yang berasal dari 8 jenis hasil produksi ternak dan perikanan.

Adapun jenis sambal yang digunakan adalah sambal dabu-dabu bawang rica yang merupakan sambal tradisonal Gorontalo. Selain sate dengan sambal, kegiatan ini juga menampilkan jenis makanan tradisonal lainnya yakni kuah bugis, woku, gulai dan makanan pelengkap lainnya seperti sayur campur, buah timun dan minuman lainya yang disantap bersama seluruh masyarakat.

“Peserta event go regional cualinary festival adalah tim penggerak PKK 19 Kecamatan, DWP 34 OPD dan 9 bagian, DWP instansi vertikal yakni DWP Kemenag. Usai dikukuhkan masuk rekor Muri, ribuan warga yang memadati pesisir Danau Limboto menikmati sajian sate bersama-sama. (RG-31)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.