Forum PTS Gorontalo Gagas SBMPTS

Suasana PTS Expo 2017 di Gorontalo Mall yang baru dibuka Minggu (11/06)

RadarGorontalo.com – Forum Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Provinsi Gorontalo, mulai mengagas Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Swasta (SBMPTS). Dan kalau ini terwujudkan, maka Gorontalo akan menjadi daerah pertama di Indonesia yang menggagas pelaksanaan SBMPTS.

“PTS se Provinsi Gorontalo punya keinginan yang sama untuk bisa menggelar SBMPTS. Tapi untuk bisa melaksanakan SBMPTS ini, harus ditunjang dengan sistem. Dan sistem ini sementara dirancang. Kalau tidak ada halangan, mungkin nanti pada rekrutmen mahasiswa baru tahun berikutnya baru bisa diterapkan,” kata Ketua Forum PTS Provinsi Gorontalo, Dr. dr. Muhammad Isman Yusuf, Sp.S, saat diwawancara usai pelaksanaan pertemuan silaturahmi Forum PTS Provinsi Gorontalo sekaligus buka puasa bersama yang diprakarsai Yayasan Bina Mandiri Gorontalo (YBMG), Minggu (11/06) sore kemarin di kampus BMG.

Jika SBMPTS ini berhasil diterapkan, kata Dr. Isman, maka PTS di Gorontalo akan menjadi yang pertama yang menerapkan ini. “SBMPTS ini sangat memungkinkan untuk bisa diterapkan di Gorontalo. Apalagi sudah ada kesepakatan bersama antar PTS. Dan kalau SBMPTS ini diterapkan, maka Gorontalo yang akan menjadi daerah pertama yang melaksanakan ini. Dan Gorontalo bisa menjadi rujukan bagi Kopertis,” kata Dr. Isman.
Dan sebagai langkah awal sebelum diterapkannya SBMPTS, Forum PTS Provinsi Gorontalo, telah menggelar PTS Expo 2017 yang dipusatkan di Gorontalo Mall. “Di PTS Expo ini, setiap PTS juga bisa menerima pendaftaran mahasiswa mahasiswa baru. Masyarakat akan mendapatkan banyak informasi tentang keunggulan masing-masing PTS pada pameran ini,” kata Dr. Isman.

Gagasan tentang pelaksanaan SBMPTS ini, juga sempat dikomentari oleh Ketua Yayasan Bina Mandiri Gorontalo, Dr. Ir. Azis Rachman, MM. “YBMG Group sangat mendukung pelaksanaan SBMPTS, meski memang masih perlu ditunjang dengan sistem yang memadai. Mudah-mudahan ini bisa terwujudkan,” harap Dr. Azis.

Terkait dengan pelaksanaan PTS Expo 2017, Dr. Azis mengatakan, ini adalah sebuah langkah yang sangat tepat. Karena paling tidak, masyarakat akan mendapatkan informasi yang lebih memadai tentang keberadaan PTS di Gorontalo. “Masing-masing PTS punya keunggulan. Dan itu harus diketahui oleh masyarakat. Pelaksanaan PTS Expo menjadi mometum yang sangat tepat,” kata Dr. Azis.

Apa yang dilakukan Forum PTS, kata Dr. Azis, sekiranya juga perlu mendapat dukungan pemerintah daerah. “Agar lebih maksimal, PTS Expo ini membutuhkan waktu yang lebih panjang. Paling tidak, pelaksanaannya bisa sampai beberapa hari sebelum lebaran, sementara alokasi waktu pelaksanaan pameran ini hanya 7 hari. Kalau saja ada dukungan dari pemerintah, waktunya mungkin bisa diperpanjang agar akan lebih banyak lagi masyarakat yang mendaftar sebagai mahasiswa di PTS-PTS,” harapan Dr. Azis.(rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.