Film Rudy Habibie : Masa Kecil Di Gorontalo

rudy habibie
Foto bersama pada acara milad BJ Habibie

Dari Khitan, Baiat, Sampai Mandi di Sungai Bone

RadarGorontalo.com – Film Rudy Habibie yang akan dirilis perdana dalam waktu dekat, membuat bangga orang Gorontalo. Rupanya, film tersebut ikut mengangkat masa kecil BJ Habibie saat masih di Gorontalo. Demikian, cerita Rusli Habibie saat menghadiri milad  ke 80 Bacharuddin Jusuf Habibie, bersama sederet petinggi negara, diantranya Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla serta mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu (25/6).

Tak banyak yang tahu, hubungan antara Rusli Habibie dengan BJ Habibie. Sebagian orang mengatakan, BJ Habibie adalah pamannya Rusli. Padahal, sebenarnya kalau merunut silsilah keluarga besar Habibie, maka Rusli dengan BJ Habibie adalah saudara sepupuan. Kakeknya Rusli juga ternyata kakeknya BJ Habibie, yang dulunya punya dua rumah yang sama modelnya, satu di Kabila Bone Bolango dan satunya lagi di Tabongo Batudaa. Singkat cerita, hubungan darah inilah yang membuat Rusli bisa hadir dalam perayaan Ulang Tahun BJ Habibie ke 80 di kediaman pribadinya di di Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan. Tak semua pejabat bisa hadir disitu. Hanya keluarga, dan orang-orang penting saja.

Nah acara ulang tahun itu, dirangkaikan dengan pemutaran perdana film Rudy Habibie. Film garapan Hanung Bramantyo itu merupakan prekuel kedua dari Film Ainun Habibie. Di film keduanya ini, menceritakan kisah kehidupan Habibie dari kecil hingga masa ia berkuliah di Aachen, Jerman. “Pak Habibie duduk di dalam studio berdampingan dengan Presiden Indonesia ke-5 Soesilo Bambang Yudhoyono, dan putra sulung pak SBY, Agus Yudhoyono,” ungkap Rusli saat menceritakan suasana pemutaran perdana film Rudy Habibie.

Rusli menceritakan, film Rudy Habibie sangat membanggakan orang Gorontalo. Bagaimana tidak, film
tersebut mengangkat kisah masa-masa kecil BJ Habibie tinggal di Kabila. “Yang membuat saya merinding dan sangat bangga, ternyata film Rudy Habibie itu mengisahkan cerita masa-masa kecil pak Habibie tinggal bersama kakek di Kabila. Diceritahkan di film itu, pak Habibie lahir di Pare-pare, kemudian dibesarkan di Gorontalo sampai di khitan dan baiat (akil baligh), bahakan diceritakan pula masa kecil pak Habibie bermain permainan tradisional Gorontalo,” kata Rusli yang mengaku sampai menetaskan air mata saat menonton film tersebut.

Diceritakan pula di film itu BJ Habibie sempat menjalin asmara dengan gadis Jerman asal Polandia bernama Ilona (diperankan Chelsea Islan). Namun hubungan keduanya kandas karena perbedaan kultur dan prinsip. Cerita pun berfokus kepada semangat Habibie yang ingin membangun Indonesia dari jauh. Terpilih sebagai ketua Persatuan Pelajar Indonesia di Aachen, ia menggagas ide besar untuk membangun Indonesia sebagai negara industri dirgantara. Berbeda dengan film sebelumnya, Habibie-Ainun (2012) film ini disutradarai Hanung Bramantyo dengan penulis cerita Ginatri S. Noer.

rudy habibie

Film ini pun turut dibintangi Indah Permata Sari, Ernest Prakasa, Boris Bokir, Pandji Pragiwaksono, Millane Fernandez, Dian Nitami, dan Donny Damara. Melly Goeslaw, Anto Hoed, Tya Subiyakto, Cakra Khan, CJR pun turut terlibat dalam pembuatan film dan pengisi lagu dengan penata suara. Dan direncanakan, tanggal 3 Juli mendatang, Pemprov akan mensponsori pemutaran perdana film Rudy Habibie, kerjasama dengan bioskop di Gorontalo dan dihadiri langsung oleh para artis yang membintangi film tersebut. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *