Festival Saronde Target Wisatawan Nusantara

Suasana para yachter saat bersandar Di Pulau Saronde

RadarGorontalo.com – Festival Saronde 2017, menargetkan adanya peningkatan kunjungan wisatawan nusantara, khususnyayang berasal dari Sulawesi Utara (Sulut) dan Sulawesi Tengah (Sulteng). Gelaran ini merupakan yang ke 10 dan sudah menjadi kalender event daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Bupati Gorut Indra Yasin menjelaskan bahwa, pemerintah daerah sangat mengandalkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gorut, untuk melakukan terobosan dibidang kepariwisataan. “Ini agar bisa menjadi andalan kedepan dalam mengangkat perekonomian daerah, dan sekarang sudah mulai terlihat dalam beberapa tahun ini,” ujar Bupati. Dia juga menghimbau masyarakat, bersama – sama mensukseskan event Festival Saronde 2017 ini. “Minimal, kita semua dapat menunjukkan kepada tamu, bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam rumah yang penuh keindahan ini,” ujar Bupati.

Terpisah, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gorut Frits Ano mengatakan, perubahan sasaran pengunjung event dilakukan, tak lain untuk lebih menasionalkan event ini. “Agar lebih banyak lagi pengunjung dari luar Gorontalo yang tahu akan keindahan alam Gorontalo,” ungkap Frits. Sehingga pada waktu-waktu yang akan datang, daerah ini sudah mensejajarkan diri dengan daerah lain dalam hal kontribusi kunjungan wisatawan.

Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gorut Moldy Nawai mengatakan, pada pelaksanaan tahun ini, pihaknya sangat menitik beratkan pada peningkatan pergerakan Wisatawan Nusantara (Wisnus). Khususnya kata dia lagi, yang berasal dari Sulut dan Sulteng. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk kata Moldy, melakukan sosialisasi event ini ke seluruh Dinas Pariwisata dan stake holder yang ada di provinsi tetangga. “Jika pada tahun – tahun sebelumnya event ini lebih banyak dinikmati oleh wisatawan lokal, maka tahun ini kami sangat mengharapkan angka kunjungan wisnus lebih dominan dari wisatawan lokal, sehingga dampak ekonomi yang terjadi bisa lebih meningkat dari sebelumnya,” ungkap Moldy. Sebagai daerah yang memiliki kawasan bahari cukup luas, Moldy juga menambahkan, tentunya sangat diharapkan, daerah ini mampu mengangkat sisi potensi baharinya melalui gelaran Festival Pesona Saronde untuk kemudian bisa mengangkat derajat ekonomi masyarakat pesisir.

Sementara itu, terinformasi pula bahwa, event ini bakal dihadiri lebih dari 30 pengusaha travel asal Manado, serta pentolan stakeholder pariwisata asal Sulut diantaranya, Ketua Asosiasi Travel Indonesia (Asita) Sulut dan Ketua Asosiasi Pekerja Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sulut. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *