Festival Karawo 2018 Usung Tema Sejarah

Nou Kota Gorontalo ketika tampila dalam iven Karawo.

RadarGorontalo.com – Setelah tertunda, festival karawo 2018 akhirnya digelar juga. Sebagai penyelenggara, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Gorontalo menjanjikan perhelatan tahun ini akan dikemas berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tak lagi mengangkat tema flora dan fauna, festival karawo memilih konsep sejarah. Karawo ditengah ornamen kerajaan namanya. Temanya aku cinta Indonesia dengan Sub tema kerajaan nusantara.

Dalam konferensi pers, Kamis (18/10) terungkap, karena mengusung konsep sejarah, maka parade karawo tahun ini, akan turut melibatkan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sebagai salah satu aktornya, bahkan Kepala KPW BI Gorontalo Rizky Perdana Gozali pun akan ikut terlibat. Keduanya akan mengenakan kostum kerajaan zaman dulu, dalam balutan karawo.

“Tujuannya, mendidik masyarakat, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui karawo, mengangkat pariwisata Gorontalo. Dan paling terpenting, lebih memperkenalkan Karawo di muka dunia,” ujar Kadis Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay, pada konferensi pers digelar di Kantor Utama BI Perwakilan Gorontalo Kamis (18/10).

Selain telah menembus pasar dan iven Internasional, Karawo sampai dengan saat ini masuk dalam 100 Top Iven Nasional di tanah air. Di akhir pekan nanti, Nancy mengajak pada semua masyarakat Gorontalo, untuk ber-Karawo ria. Karena, selain mengundang berbagai daerah juga desainer terkenal, Pemerintah Provinsi Gorontalo dan BI Gorontalo memberikan kesempatan besar kepada pelaku UMKM Gorontalo. Khususnya mereka pengrajin karawo, untuk demo dan berkompetisi dalam iven akbar tersebut. “Peran serta palaku UMKM pengrajin karawo, sangat penting. Bahkan mereka yang kami utamakan dalam iven tersebut,” jelas Nancy.

Senada ditambahkan Bank Indonesia (BI) Gorontalo Ricky Perdana Gozali. Sedikitnya 30 orang pelaku UMKM pengrajin karawo, merupakan didikan BI Gorontalo. Dan pihaknya pun meresa bangga juga bersyukur, sebab berkat palaku UMKM ini karawo semakin dikenal dunia, dan meingkatkan perekonomian masyarakat Gorontalo. “Setelah iven nasional ini, Karawo kembali akan tampil dalam pameran Internasional di New York,” terang Ricky Perdana Gozali.

Kemudian, berkaitan dengan kenyamanan dan keamana pelaksanaan kegiatan tersebut. Burhanudin, seorang perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menjelaskan. Bahwa pihaknya bersama beberapa petugas dari instansi terkait, seperti Satlantas Polres Gorontalo, siap mengambil peran dalam iven ini. “Terutama menyediakan tempat bagi masyarakat pengunjung, untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Serta telah melakukan rekayasa laluintas, untuk mengantisipasi kemacetan, disaat peserta karnaval mulai konfoi,” tutup Burhanudin. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *