Fadli Hasan Melawan

ilustrasi (Anwart/RG)

Gugat SK Mendagri

RadarGorontalo.com —Sampai hari ini belum ada kepastian, siapa nantinya yang akan mengisi kursi wakil bupati Kabupaten Gorontalo. Sejumlah nama mengemuka, tapi sejauh ini belum ada tanda figur yang akan mendampingi Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo.

Malah belakangan ramai dibahas, isu peluang kembalinya Fadli Hasan ke kursi wakil bupati. Pasalnya Fadli Hasan ternyata tidak diam, tapi melakukan perlawanan hukum. “ Terbuka peluang Fadli Hasan untuk kembali menduduki kursi wakil bupati. Apalagi upaya hukum sudah dilakukan, rasanya jika melihat apa yang terjadi di Mimika Papua dimana pemberhentian terhadap bupati Mimika tidak berlaku setelah melakukan PK,” ujar salah satu politisi Mansir Mudeng.

Menurutnya, apa yang terjadi di Mimika kondisinya sama dengan terjadi di Kabupaten Gorontalo. Sehingga itu, apa yang dilakukan Fadli Hasan dengan mencari ‘keadilan’ sangatlah tepat. Ia optimis tidak akan ada PAW kursi wakil bupati. “ PAW wabup mungkin tidak perlu terburu buru. Jangan sampai setelah ada pengisian, tiba tiba ada putusan hukum yang memulihkan posisi Fadli Hasan,’ ujar Mansir Mudeng.

Sementara itu kuasa hukum Fadli Hasan Bathin Tomayahu SH mengakui sekarang inisudah dilakukan langkah hukum. Iapun optimis kliennya Fadli Hasan bisa dipulihkan jabatannya sebagai wakil bupati. “ SK Mendagri sangat terbuka untuk dapat digugat kembali, yakni dengan cara melakukan gugatanke PTUN Jakarta. Karena sangat jelas, melanggar UU dan azas azas umum pemerintahan yang baik,’ tukas Bathin Tomayahu SH.

Diakuinya sebagai langkah awal, mereka sudah melakukan gugatan ke PTUN Manado. “ Hasil gugatan kemarin. N.O. atau gugatan tidak dapat diterimah maka terhadap putusan tersebut dapat dilakukan dua langkah hukum. Yakni melakukan banding ke PT TUN Makassar. Juga dapat melakukan gugatan baru dengan materi yang sama. Karena putusan N.O belum menyangkut materi gugatan,’ ujar Bathin.

Selain itu langkah hukum lainnya adalah dengan melakukan upaya hukum luar biasa, berupa PK, atas putusan MA. Ia mencontohkan, terkait dengan yang di Mimika Papua. Terkait dengan hak uji pendapat,ternyata dikabulkan oleh MA. “ Saya tinggal menunggu intruksi, upaya apa yang akan diambil. Saya sangat optimis terhadap langkah hukum ini akan mengambilkan Fadli Hasan ke kursi wakil bupati kembali,’ tukas Bathin Thomayahu SH. (RG-20)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *