Evaluasi Langsung Kegiatan Fisik dan Non Fisik, Waaslog Kasad : TMMD Gorontalo Bagus

WAASLOG Kasad Brigjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo (kiri) bersama Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf Dadang Ismail Marzuki (kedua dari kiri) saat mendengarkan penjelasan Danki SSK TMMD Kapten Inf. Andi Basran dilokasi pengecoran jalan rabat beton. (Awal/RG)

RadarGorontalo.com – Pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di desa Tulabolo dan Tulabolo Timur, kecamatan Suwawa Timur kabupaten Bone Bolango memasuki hari ke 23 Sebanyak 150 anggota TMMD yang terdiri dari TNI, Polri dan masyarakat terus menggenjot pelaksanaan kegiatan fisik dan non fisik.

Wakil Asisten Logisik (Waaslog) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Brigjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo yang juga tim pengawas dan evaluasi (Wasev-red) TMMD, turun langsung meninjau lokasi kegiatan pengecoran jalan rabat beton yang menghubungkan Tulabolo dan Pinogu, sekaligus mengevaluasi langsung kegiatan-kegiatan fisik TMMD. Waaslog Kasad didampingi langsung Kabintaldam XIII/Merdeka Kolonel Inf Tomas dan Dandim 1304/Gorontalon Letkol Inf Dadang Ismail Marzuki.

Sesampainya dilokasi pengecoran jalan, Waaslog Kasad langsung memberikan semangat dan motivasi kepada prajurit TMMD. Waaslog juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan tinggi kepada prajuti TNI bersama Polri dan masyarakat yang bergotong royong melaksanakan kegiatan TMMD. “saya sempat berkomuniasi dengan beberapa warga yang menunjukan rasa bahagia dengan hadirnya kegiatan TMMD ini. Luar biasa.” ujarnya.

Dan inilah yang membangkitkan semangat dan antusias masyarakat mendukung dan membantu kegiatan TMMD. “meski ada hambatan, seperti medan dan cuaca, tapi semangat prajurit TNI, Polri dan masyarakat dalam melakukan kegiatan TMMD sangat luar biasa dan patut diapresiasi. Saya melihat hasil kegiatannya bagus.” papar Waaslog Kasad. Dan sebagai tim Wasev, Brigjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo akan melaporkan kepada pimpinan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan prajurit TMMD bersama rakyat di wilayah Kodim 1304/Gorontalo sangat bagus. Kalaupun ada keterlambatan, maka itu bukan karena faktor kemalasan, tetapi karena alam dan cuacanya yang ekstrim. Meski demikian, kalau melihat kondisi pekerjaan dilapangan, jika dibandingkan antara anggaran dan hasil, maka capaiannya sangat luar biasa. Kalau dikerjakan oleh pihak luar pasti biayanya lebih besar. Tapi karena TNI, maka efisiensi dan efektifitas lebih diutamakan. Sehingga dengan anggaran yang tersedia mampu mendapatkan hasil yang lebih besar, berkualitas dan sesuai target. “TNI lebih mengutamakan asas manfaat untuk kepentingan rakyat.” ujarnya. Waaslog Kasad juga mengingatkan kepada prajurit TMMD untuk lebih menjaga keselamatan dan kesehatan selama melaksanakan kegiatan TMMD. “paling utama adala semua kegiatan harus akuntabel. Anggarannya harus dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.” paparnya.

Terkait dengan rencana Pemda Bone Bolango yang akan kembali menggelontorkan dana lebih kurang Rp. 4 milyar untuk keberlanjutan pembangunan jalan Tulabolo-Pinogu? Brigjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo menyampaikan TNI siap menerima kerjasama untuk kepentingan rakyat. Sudah menjadi tugas TNI sebagaimana dalam sumpah prajurit TNI yang salah satunya siap membantu meringankan penderitaan dan beban rakyat. “TNI mengembalikan baktinya kepada rakyat. Kalau sekarang tidak ada perang, maka TNI menggarap program yang dapat meringankan beban rakyat.” tuturnya. Oleh karena itu, dengan banyaknya kegiatan TNI berbasis kerakyatan, maka hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menyatakan TNI adalah lembaga yang terpercaya di Indonesia atau sebuah lembaga yang diyakini keberadaannya sangat membantu rakyat. “TNI nomor satu lembaga yang dipercaya oleh rakyat Indonesia. makanya banyak dari lembaga negara lainnya atau kementerian yang ingin bekerjasama dengan TNI didalam melaksanakan program-program kerakyatan.” tuturnya. Waaslog Kasad juga berharap kepada masyarakat untuk dapat menjaga infrasktruktur yang dibangun melalui program TMMD ini. “insya Allah semua hasil karya TMMD ini memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan rakyat.” tuturnya. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.