Endi Bilantua, Warga Tenilo Yang Magang ke Jepang

RADARGORONTALO.COM – Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo meminta para pemagang mengikuti budaya kerja di tempat magang serta menaati segala asas yang diperjanjikan selama kontrak. Pihaknya juga berpesan agar para pemagang bekerja disiplin sesuai perjanjian yang ditandatangani.

“Kalian harus menjaga martabat diri, sikap, tingkah laku, dan serta biasakan disiplin selama kontrak magang. Setelah kontrak magang kalian selesai, ilmu dan kemampuan yang didapatkan agar diterapkan di Kabupaten Gorontalo,” Harap Bupati Nelson Saat menerima peserta magang asal Limboto yakni Endi Bilantua ke jepang ketika berpamitan di Rudis Bupati Gorontalo, Minggu (29/04) kemarin. Bupati mengatkan bahwa Endi ini merupakan sosok generasi muda yang sudah mampu mengharumkan nama Gorontalo. “Patut kita syukuri, Ia masih muda dan ingin belajar. Semoga saja Ia bisa sukses dan bisa membanggakan kedua orang tuanya”, ujar Bupati.
Sementara itu Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo Titiyanto Pauweni menjelaksan, Program magang ini terdiri dari dua yakni magang dalam daerah dan magang luar daerah. Magang dalam daerah itu berlokasi di perusahaan-perusahaan Di Kabupaten Gorontalo dan Provinsi. Kemudian magang di Luar daerah tahun 2017 itu di PT Panasonic sebanyak 20 orang selama 6 bulan terhitung sejak bulan april -bulan september 2017.

Titiyanto Pauweni jelaskan, dari 20 orang magang kemudian di lakukan tes oleh PT Panasonic untuk magang ke jepang, Nah, dari Kabupaten Gorontalo lulus hanya satu orang atas nama Endi Bilantua masyarakat kelurahan tenilo kecamatan limboto kabupaten Gorontalo. Proses magangnya selama 3 tahun. Nanti kalau sudah disana ditawarkan lagi apakah menetap di jepang atau balik lagi di PT Panasonic jakarta.

Lebih lanjut Kadis Titiyanto mengatakan, Tahun ini ada lagi program pemagangan. Mulai bulan mei-oktober khsusus rekuetmen 20 orang lagi, tapi kriterianya sangat ketat karena magangnya langsung di jepang bukan lagi di jakarta. Kita berharap tetap optimis masyarakat Kabupaten Gorontalo mendapat kuota lebih, dan ini kita perjuangkan bersama,” Tutupnya.

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *