e-Puskesmas, Sejuta Pelayanan Dalam Genggaman

Kadis Kesehatan Kota Gorontalo dr. Hj, Nur Albar, Sp.PD Finasim, saat menyampaikan sambutan pemerintahan.

RadarGorontalo.com – Kini tinggal kenangan, proses pengurusan administrasi pelayanan secara manual, di 10 Pusat Unit Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Gorontalo. Momen dimana masyarakat calon pasien, masih membawa kertas dan duduk berjam-jam menunggu giliran berobat. Sejuta pelayanan kesehatan itu sudah segenggam tangan. Dikendalikan melalui teknologi canggih, disebut Aplikasi elektronik Puskesmas (e-Puskesmas), dengan menggunakan Smartphone (Android.red). Buah hasil integritas program Infokes Nasional, dengan Dinas Kesehatan Kota Gorontalo.

Abink. Radar Gorontalo.

Puskesmas memiliki tugas melaksanakan kebijakan kesehatan, untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Dalam rangka, mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Sebagai fungsinya, puskesmas menyelenggarakan UKM dan UKP di tingkat pertama, di wilayah kerja. Keberhasilan Dikes Kota Gorontalo memayungi 10 Puskesmas di Kota Gorontalo, tak hanya sebatas keunggulan diatas kertas saja. Baik menjadikan Puskesmas, sebagai unit kesehatan terakreditasi dan paripurna. Namun pengembangan dilingkup Puskesmas itu sendiri, pun terus ditindak lanjuti sampai dengan tahun ini. Dengan meningkatkan pelayanan yang mempermudah masyarakat, mengakses pelayanan kesehatan di masing-masing puskesmas.

“Ini berdasarkan Pasal 43 Permenkes RI nomor 75 tahun 2014, tentang puskesmas wajib melaksanakan sistem informasi yang dapat diselenggarakan secara elektronik. Paling sedikit mencakup pencatatan dan pelaporan kegiatan, serta jaringannya. Termasuk survey lapangan, laporan lintas sektor terkait, dan terakhir jejaring fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya,” ujar Kadis Dikes Kota Gorontalo dr. Hj, Nur Albar, Sp.PD Finasim, kala ditemui usai membuka kegiatan sosialisasi dan pelatihan e-Puskesmas NG. Dirangkaikan dengan launching e-Puskesmas Mobile Kota Gorontalo Senin (05/02).

Kurang lebih satu bulan di awal tahun 2018, perjalanan Dikes Kota Gorontalo merintis program integritas ini. Mulai dari sinkronisasi program antara Infokes Nasional, denga Dikes Kota Gorontalo. Sampai dengan tahap pembuatan aplikasinya, hingga proses sosialisasi aplikasi terhadap 35 peserta. Diantaranya 15 petugas Dikes dari masing-masing bidang, kemudian 20 peserta dari Puskemas, masing-masing 10 Kepala Puskesmas dan 10 petugas operatornya.

“Aplikasi ini dirancang untuk digitalisasi proses bisnis, dan pelayanan masyarakat di Puskesmas. Mempermudah sistem pelaporan data Dikes, dan dapat memberikan informasi dengan cepat dan akurat, melalui sistem online reporting. Selain itu, e-Puskemas ini, dapat diaplikasikan semuda mungkin, bahkan oleh seseorang yang jarang berinteraksi dengan komputer sekalipun. Dengan berbagai fitur yang ada dalam aplikasi e-Puskesmas, diharapkan seluruh puskemas dapat dengan mudah menggunakannya. Sehingga dapat meningkatkan kinerja secara nyata,” tutur Nur Albar.(Bink62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *