Dimana Kota Kedua?

Ilustrasi (Anwart/RG)

RadarGorontalo.com – Yang menarik dari wacana yang digulirkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, bahwa pada tahun 2025 mendatang, provinsi Gorontalo sudah layak dan bakal dijatahkan bisa mengakomodir 2 (dua) kota administratif ini, adalah siapa ‘adik’ dari Kota Gorontalo, atau Kota Kedua di provinsi ke 32 di Indonesia ini. Yang membekali predikat layak atau berubah peralihannya, dari status kabupaten menjadi kota.

Dari wacana berkembang di sejumlah pihak, dan informasi yang dihimpun RADAR Gorontalo, sedikitnya telah ada 3 (tiga) wilayah atau daerah, yang dinilai sarat dan berpotensi pertumbuhan serta pengembangan wilayahnya, menjadi sebuah Kota. Yakni, Kota Limboto, dan Kota Isimu di Kabupaten Gorontalo. Dan, Kota Marisa di kabupaten Pohuwato.

Baca Juga : Gorontalo 2025, 7 Kabupaten 2 Kota

Namun menurut pengakuan Arman Idrus, dari Komite FORKODA Persiapan Pembentukan DOB, salah satu syarat bocoran yang didapatkan pihaknya dari Kemendagri RI, untuk wilayah atau daerah yang layak dijadikan Kota itu, adalah yang dari segi dan sisi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi-nya yang telah merata tersebar, dan menunjang tingkat kebutuhan ekonomi bagi masyarakat di kawasan wilayah atau daerah itu sendiri. “Jadi, tinggal kita tunggu saja perkembangannya, mana-mana daerah di provinsi Gorontalo, yang sudah layak dijadikan Kota. Guna menyahuti wacana dari Kemendagri, bakal dibolehkannya ada 7 kabupaten dan 2 kota di provinsi Gorontalo, pada tahun 2025 mendatang,” jelas dia. (rg-28)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.