Keren… Digitalisasi Dimulai Dari Pohuwato

ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Walaupun berada paling barat di Provinsi Gorontalo, tapi bicara soal dunia digital, Pohuwato tak kalah, bahkan bisa diklaim lebih hebat dari daerah lain di provinsi ini. Tak salah, kalau gelara Forum Group Discussion (FGD) Smart City digelar di daerah berjuluk bumi panua ini. Bahkan saat ini, lewat tim IT nya, Pemda Pohuwato tengah menyiapkan segudang aplikasi digital, menuju e-Goverment.

Salah satu terobosan Bupati Syarif Mbuinga di dunia digital yang paling populer bahkan diakui oleh pemerintah pusat adalah kampung digital. Jadi, saat ini untuk mengakses informasi, mulai dari potensi, jumlah penduduk hingga ekonomi di desa, tak perlu lagi ke desa itu langsung. tapi cukup tongkrongi web resmi dari masing-masing desa.

Tak cuma itu, sistem keuangan, informasi manajemen kepegawaian pun sudah menggunakan sistem digital. Beberapa projek yang tengan dikembangkan saat ini, sudah mencakup persoalan kesehatan hingga pendidikan. Hingga persiapan digitalisasi untuk pengurusan izin dan semacamnya.

Bahkan, awal tahun depan, Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato bakal menerapkan sistem online untuk pelayanan pengurusan kenaikan pangkat maupun pensiun bagi para pegawai. Dan mungkin Pohuwato adalah satu-satunya daerah yang menerapkan sistem itu. Intinya, cara ini akan memudahkan warga untuk mengakses informasi hingga melakukan pengurusan berbagai hal.

Dengan menggandeng salah satu perusahaan IT tatiye.net, pemerintahan Bupati Syarif di periode keduanya ini, mencetuskan ide-ide segar. Perbaikan sistem pemerintahan, hingga pelayanan publik pun, coba diaplikasikan menggunakan media digital. (rg-58)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *