Di Kota Gorontalo, PNS Wanita Paling Banyak Minta Cerai

ilustrasi

RadarGorontalo.com – Terungkap, perceraian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Gorontalo, ternyata banyak didominasi oleh gugatan cerai para kaum wanita. Dari catatan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Gorontalo, pada tahun 2016 kemarin, memang dominasi pengajuan gugatan cerai PNS, banyak dilakukan kaum wanita. “Sampai hari ini memang banyak,” kata Wakil Ketua I, DPRD Kota Gorontalo, Ketty Mayulu.

Hanya saja, Ketty tidak merinci berapa PNS wanita dan berapa pria. Untuk masalah lebih dalam, Ketty mengaku tidak mengetahui faktor perceraian PNS itu. Karena menyangkut Privasi. Hanya saja semuanya dilatarbelakangi oleh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Walau demkian, Ketty tetap meminta kepada yang bersangkutan untuk bisa rukun kembali, bisa hidup berumah tangga yang baik, sejahtera, mawadah, warahmah. “Yang menjadi sangat sulit adalah mereka yang sudah lama tidak serumah lagi, alias pisah ranjang. Yang jelas, masalah rumah tangga PNS, semua telah diproses,” terangnya.

Dia mengakui, tren perceraian PNS di Kota Gorontalo terus meningkat dari tahun ke tahun. Sehingga pada tahun ini, dirinya meminta pemerintah kota (Pemkot) Gorontalo agar mengadakan pembekalan, dan lebih membentuk pembangunan karakter pegawai. “Kita mengedepankan bahwa, meski sibuk, keluarga harus menjadi perhatian. Jangan sampai sibuk bekerja, akhirnya keluarga ditinggalkan,” kata Ketty.

Dalam artian, jika Pemkot tidak melakukan persetujuan kepada yang bersangkutan untuk tidak bercerai, dikhawatirkan akan menimbulkan hal-hal yang lebih parah lagi. Makanya, sebelum itu terjadi, lakukan pembinaan lebih awal. “Iya, rata-rata mereka adalah perempuan. Dan suaminya sudah menyetujui,” pungkasnya. (rg-63)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.