Di Bone Bolango, Alfamart Cukup 4 Gerai

BUPATI Hamim Pou mengresmikan pengoperasian minimarket Alfa Mart di Bone Bolango

Hamim : Haram Jual Miras

RadarGorontalo.com – Serbuan retail raksasa memang sudah dibendung. Disisi lain, pemerintah daerah dihadapkan pada dilema, antara mengakomodir investasi tanpa mematikan usaha kecil.

Yang dilakukan Bupati Hamim Pou patut ditiru. Dirinya persilahkan minimarket seperti Alfamart masuk, tapi cukup 4 gerai saja. Tak cuma itu, usaha retail itu wajib bantu menjualkan produk lokal dan haram menjual miras.

Kala meresmikan gerai Alfamart di Kecamatan Kabila, Rabu (19/4), Hamim berharap masuknya Alfamart bisa berkontribusi untuk daerah dari sisi pendapatan.

Dan harus membuka kesempatan bagi produk-produk lokal untuk bisa dijual di dalamnya. “produk lokal daerah kita harus masuk, tidak boleh hanya dipinggir jadi penghias, tapi harus ada di gerai bagian dalam.” ujar Bupati, termasuk kue tradisional seperti curutu, cucur, panada dan apangco.

Namun demikian, produk lokal juga harus memenuhi standar-standar yang ditentukan oleh pihak minimarket, seperti kebersihan, packing, dan harga.

Bupati menambahkan bahwa Alfamart membuka ruang jika ada orang yang membutuhkan makanan atau obat-obatan di tengah malam bisa mencarinya di Alfamart.

Demikian pula, Bupati Hamim menitipkan kepada Deputi Manager Alfamart, Erry Prinanto untuk memberi kesempatan kepada usaha-usahawan lokal agar bisa memanfaatkan kehadiran toko Alfamart di Bone Bolango.

Bupati juga mengingatkan kepada masyarakat, meski sudah ada Alfamart, masyarakat tetap harus ke pasar tradisional untuk berbelanja sebijaksana mungkin sesuai kebutuhan. “Alfamart mengubah budaya kita dalam berbelanja.” ujarnya.

Bupati mengatakan bahwa kebijakannya adalah membuka peluang investasi di Bone Bolango, tetapi dalam pengendalian pemerintah.

Makanya untuk Alfamart di Bone Bolango sementara dibatasi maksimal 4 toko. “terpenting adalah tidak menjual Miras. Kalau sampai kedapatan menjual Miras, maka minimarket akan langsung ditutup dan tidak boleh dibuka lagi.” tuturnya. (RG-46)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *