Sen. Mei 20th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Dewan Adat Klaim Bahasa Bone Terancam Punah

1 min read

Robby : Kita Akan Coba Tindaklanjuti Lewat Produk Hukum

RadarGorontalo.com – Menindaklanjuti kekhwatiran sejumlah kalangan terutama Lembaga DPRD Bone Bolango terkait punahnya bahasa Bone dan Bulango akhirnya mendapat tanggapan dari Dewan Adat Bone Bolango.

Seperti halnya Yamin Husin yang merupakan Dewan Adat. Kepada sejumlah Aleg, Yamin Husin memastikan bahwa untuk bahasa Bulango memang sudah punah karena sampai dengan saat ini tidak ada lagi yang tahu bahasa tersebut. Sementara itu untuk bahasa Bone sudah terancam punah. “kalau bahasa Bulango sudah bisa kita pastikan punah, tapi kalau bahasa Bone sudah mulai terancam”, ujar Yamin.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Bone Bolango Robby Hunawa mengaku cukup prihatin dengan persoalan ini karena mengingat dua bahasa yang dimiliki Bone Bolango ini harusnya dipertahankan dan dilestarikan. Justru sekarang sudah mulai punah. Ini yang kemudian perlu kita beri perhatian penuh. Antara DPRD dan Pemda harus duduk bersama untuk menyikapinya. Bahkan kalau perlu kita buatkan regulasi hukumnya agar bahasa ini tetap ada di Bone Bolango, untuk anak cucu kita kedepan nanti. “iya, patut disayangkan kalau kita akan kehilangan dua bahasa ini”, tegas Robby. (RG-52)

Share

Tinggalkan Balasan