Demokrat, Golkar, Hanura Siap Bersaing, PDIP Punya Jago

Dadang Hemeto, Guntur Thalib, Tonny Junus, Chamdi Mayang

RadarGorontalo.com – Sikap PPP yang membuka diri untuk semua partai, membuat penjaringan calon pengganti Wabup Gorontalo makin seru. Setelah Hanura dan Golkar, kini giliran PDIP yang mengaku siap mengajukan jagoannya untuk mendampingi Nelson Pomalingo lebih dari setengah periode lagi. Jika dihitung dengan Demokrat, maka praktis sudah empat partai yang mengajukan peminangan ke Nelson.

PDIP sendiri menurut Sahmid Hemu, tidak akan terlalu ngotot. Karena pihaknya sadar, PDIP bukan termasuk partai pengusung di pilkada yang mengantarkan kemenangan NAFAS. ” Kami menunggu saja, sambil melihat dinamika diproses ini, ” tukas Sahmid. Tapi sikap ini akan berubah, jika pencalonan wabup pengganti ini, tidak dibatasi di partai pengusung saja. Jika seperti itu, maka PDIP pun akan pasang kuda-kuda, dan siap berkompetisi dengan partai-partai lainnya. ” Ya, kita pasti punya kandidat sendiri untuk itu, jika partai diluar pengusung diijinkan masuk, ” timpalnya lagi.

Soal Wabup sendiri, Sahmid mengaku sudah pernah berkomunikasi dengan Bupati Nelson Pomalingo. ” Dengan pak Nelson kita sudah berkomunikasi, dan beliau tampak senyum senyum, ” kata Sahmid sambil tersenyum pula. Sayang, Sahmid enggan berkomentar siapa jagoan PDIP yang dia maksud itu. Bisa dirinya atau Tonny Junus yang sejak awal sudah diwacanakan.

Sementara itu, konon soal wabup pengganti, kriteria yang diinginkan Nelson Pomalingo adalah figur yang bisa membangun chemistry dalam menjalankan pemerintahan dan bisa saling mengisi. Permintaan itu wajar, karena Nelson masih ingin melanjutkan pemerintahannya ke periode kedua. Harapannya, figur pendamping nanti bisa ikut mewujudkan itu.

Soal Wabup sendiri, Golkar sendiri beberapa waktu terakhir intens membangun komunikasi. Dadang Hemeto Ketua Golkar Kabgor, adalah figur yang diajukan kader beringin ke Nelson. Sedangkan dari Hanura, mengajukan nama Guntur Thalib yang kini menjabat sebagai Ketua DPD Hanura Provinsi Gorontalo. nah, Demokrat sendiri sebagai partai pengusung sudah mengusulkan sedikitnya 6 nama, namun belakangan mengerucut jadi dua nama saja. Salah satu yang dianggap kuat, adalah Chamdi Mayang. Sayang, meski sudah sempat diwacanakan, hingga kini belum terdengar figur dari kalangan birokrat yang cukup kuat untuk maju sebagai kandidat calon wabup. (rg-53)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.