Dari Gorontalo Untuk Sulteng, Ratusan Relawan Bawa Bantuan ke Palu

#DoaUntukPalu (Anwart/rg)

RadarGorontalo.com – Ratusan tenaga relawan dari berbagai unsur, sejak Sabtu (29/9), sudah meluncur ke Sulawesi Tengah untuk membantu proses penananganan korban pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami. Gorontalo sendiri, menjadi daerah terdekat yang bisa menjangkau Palu dan sekitarnya, untuk meringankan penderitaan warga Palu.

Dari pantauan Radar Gorontalo, sejak Sabtu hingga Minggu kemarin, warga mulai dari Barat Pohuwato sampai Bone Bolango, memenuhi jalan-jalan protokol guna melakukan penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim saat memimpin rapat gabungan yang berlangsung di kantor BPBD Gorontalo, kemarin mengungkapkan bahwa Provinsi Gorontalo menjadi provinsi terdekat di Sulawesi Tengah, oleh karena itu pemerintah dan masyarakat berkewajiban membantu, terlebih lagi banyak juga putra Gorontalo yang menetap dan kerja disana. “Sebisa mungkin apa yang bisa kita bantu kita arahkan ke sana,” ungkap wagub.

Sebanyak 272 personil gabungan telah diberangkatkan. Rinciannya 100 anggota polri, 16 orang petugas dinsos, TNI AL 14 orang, BPBD 15 orang, PMI 15 orang serta 100 personil Korem 133/NWB. Dinas kesehatan mengerahkan 2 dokter umum, 7 perawat, 1 farmasi, 1 ambulance dan 1 unit mobil obat-obatan. Tim kesehatan menunggu 2 dokter spesialis tulang dan ortopedi dari Manado, Sulawesi Utara. “Personil ini nanti akan melayani kebutuhan evakuasi, logistik, dapur umur, kesehatan dan lainnya,” jelas Idris.

Selain personil, Gorontalo mengirimkan bantuan logistik berupa paket lauk pauk, family kit, kids ware, paket sandang, selimut dan tenda gulung. Nilai bantuan dari Dinsos tersebut yakni Rp256 Juta Rupiah. BPBD mengerahkan tenda pengungsian 8 unit, dapur umum 1 unit, mobil tangki 1 unit dan 1 ambulance.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda Sofyan Ishak yang terlihat turun ikut menggalang dana bagi korban gempa mengatakan, pihaknya sejak Sabtu sudah membuka posko bantuan. “Aksi ini akan kami lakukan hingga 2 Oktober nanti, karena insya Allah tanggal 3 Oktober kami akan bertolak menuju Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah untuk membawa bantuan yang sudah terkumpul di posko utama pengendali bantuan kami yang berada di Kantor Desa Ulapato A Kecamatan Telaga Biru,” paparnya. hingga saat ini sesuai informasi dan data yang ada di Posko Utama jumlah bantuan yang sudah terkumpul adalah Rp. 9.448.000. “Ada juga pakaian layak pakai 2 Koli ditambah 3 dos, 20 karton mie instan, air mineral 20 karton. Yang ingin menyalurkan bantuan bisa menhubungi, kontak person kami 085256162423, 082236630300, 085255663998,08114318073,” jelasnya. (rg-34/25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.