Dari Diskusi Ombudsman, Pemda Bonebol Belum Serius Urus Pinogu

Suasana diskusi

RadarGorontalo.com – Diskusi publik yang digelar oleh Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo yang mengangkat tema “Memastikan Negara hadir di Pinogu” diduga tidak diseriusi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango selaku salah satu pihak penyelenggara pelayanan publik di daerah tersebut.

Asisten Ombudsman Republik Indonesia, Wahiyudin Mamonto selaku moderator dalam diskusi publik yang digelar di tempat Garasi Kata, halaman Aji Kota Gorontalo menjelaskan bahwa idealnya kegiatan tersebut dihadiri oleh pihak pemerintah. Namun sayangnya, hanya pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo saja yang datang, sementara dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango hanya dihadiri oleh salah seorang staff Dinas Pendidikan, padahal yang diundang termasuk Dinas Kesehatan, Badan Kepegawaian Daerah, serta Inspektorat. “Mungkin undangan tidak sampai ke mereka,” Kata Wahiyudin.

Diskusi tersebut menurut Wahiyudin sengaja mengangkat tema “ Memastikan Negara Hadir” di Pinogu mengingat pinogu merupakan salah satu kecamatan yang terpencil di Provinsi Gorontalo, sehingga bisa menjadi gambaran bagi publik bagaimana sebenarnya kehadiran negara di daerah daerah terpencil lainnya.

Ombudsman sendiri lanjut Wahiyudin, kedatangan mereka ke Pinogu beberapa waktu lalu erat kaitannya dengan memastikan kehadiran negara melalui penyelenggaran pelayanan publik di daerah tersebut. “ Pelayanan publik merupakan salah satu poin penting dalam eksistensi negara, sehingga jika pelayanan publik gagal, maka negara ikut gagal,” Ujar Wahiyudin. Selama 4 hari di Kecamatan Pinogu, Ombudsman menyoroti pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat yang meliputi Kesehatan, Pendidikan, serta pelayanan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). (RG-25/*)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.