Dari 500 Daerah, Kota Gorontalo Terhebat

Walikota Gorontalo Marten Taha menerima penghargaan kota berkinerja terbaik/tertinggi secara nasional, pada peringatan Hari Otonomi Daerah XXI, di Sidoarjo. 25/4/2017. Penghargaan diberikan Menko Polhukam Wiranto dan Mendagri Tjahyo Kumolo. foto : Boy Slamet/Jawa Pos.

RadarGorontalo.com – Kinerja pemerintahan MaDU mendapat acungan jempol dari pemerintah pusat. Dari 500 daerah yang dinilai, Kota Gorontalo masuk lima daerah berkinerja terbaik. Penyerahan penghargaan dilakukan pada peringatan hari otonomi daerah (HOD) ke 21, yang dipusatkan di Sidoarjo, Selasa (25/4).

Penghargaan diterima langsung Walikota Marten Taha, dan diserahkan oleh Menko Polhukam Wiranto serta Mendagri Tjahyo Kumolo. Kota Gorontalo, mendapat penghargaan sebagai kota berkinerja terbaik atau tertinggi secara nasional. Menariknya, Kota Gorontalo berada di rangking ke dua, setelah Kota Makassar. Bahkan Kota Bandung justru berada di posisi ketiga, diikuti Bontang dan Sukabumi.

“Jika tiga kali berturut-turut Pak Marten Taha bisa meraih penghargaan yang sama, yang disertakan dengan penyerahan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha. Maka pak Marten kemungkinan besar akan menerima penghargaan tertinggi dari penilaian ini, yakni Satya Lencana Parasamya Purna Karya Nugraha,” kata Penjagub Zudan Arif Fakrulloh, yang ikut hadir.

Ini menurutnya adalah prestasi luar biasa. Karena dari 6 kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo, yang mendapat penghargaan ini hanyalah Kota Gorontalo. “Sejak pertama saya menjabat sebagai Pj Kepala Daerah di Gorontalo, banyak program kerja yang berhasil diselesaikan Pemkot Gorontalo, yang semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat,” timpalnya.

Ditempat terpisah, Walikota Gorontalo Marten A Taha, menjelaskan, sebelum diberi penghargaan, proses penilaian dilakukan terhadap 500 lebih daerah, yang kemudian dikerucutkan menjadi 15 daerah. Setelah itu, lahirlah 5 terbaik untuk kelas kabupaten dan 5 terbaik untuk kota. “Alhamdulillah, Kota Gorontalo ada di urutan ke dua, setelah Kota Makassar. Kemudian Kota Bandung di urutan ke tiga, dan Bontang ke empat, Sukabumi ke lima,” ungkapnya. “ini berkat peran dari semua pihak, terutama dukungan masyarakat. dan kami berkomitmen akan terus memberikan yang terbaik untuk Kota Gorontalo,” timpalnya.

Dari prestasi yang sudah diraih ini, Marten ungkapkan, banyak harapan dan program strategi telah dipersiapkan pemerintahannya. Tidak terkecuali terus meningkatkan kompetensi masing-masing ASN, baik itu di Dinas, Badan, Kecamatan hingga kelurahan. Seperti pelatihan dan bimtek, yang direncanakan akan digelar dalam waktu dekat ini. Yaitu, peningkatan kompetensi ASN di bidang kesehatan, yang mendatangkan nara sumber dari USA serta perguruan tinggi ternama di dua daerah. “Target kami kedepan harus lebih baik dari ini. Dan ini saya persembahkan untuk masyarakat Kota Gorontalo serta semua ASN di lingkup Pemkot Gorontalo tanpa terkecuali,” tutur Marten.(rg-62)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *