Darda Daraba Resmi Jabat Sekprov, Sore Ini Dilantik

Darda Daraba

RadarGorontalo.com – Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya Pejabat Tinggi Paratama Madya atau Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo dilantik. Darda Daraba adalah figur yang ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk mendampingi Rusli Habibie dan Idris Rahim hingga 2021 mendatang.

“Yaa insha Allah besok (hari ini) jam 3 pelantikannya,” kata Kepala BKD Provinsi Ridwan Yasin, ketika ditelepon wartawan tadi malam.¬†Sebelumnya lewat Pansel 23 Juli 2018 lalu, telah diumumkan tiga nama yang lulus seleksi tahap akhir yakni Darda Daraba dari Kementrian PU, Budiyanto Sidiki, Kepala Bapppeda Provinsi dan Ishak Ntoma, sebagai Sekda Bone Bolango.

Tiga nama ini kemudian diusulkan ke Presiden melalui Kemendagri, dan Darda Daraba berhasil menyisihkan dua kandidat tersebut. Informasi pelantikan Sekda inipun cepat hingga ke teliga para pendukung NKRI. Ada yang mengucapkan syukur Alhamdulillah karena kursi Sekda telah terisi, namun ada pula yang langsung memberi masukan sekaligus kritikan positif.

Asalkan bisa menjabarkan janji kampanye NKRI, menurut mereka, Darda pasti akan nyaman bersama Rusli Habibie dan Idris Rahim. “Kalau tidak bisa pasti diganti lagi hehehe,” ucap salah satu politisi Golkar yang tak mengizinkan namannya di korankan.

Kritikan politisi Golkar inipun nyambung dengan penegasan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada awal 2018 lalu dipertemuan dengan seluruh gubernur se-Indonesia. Bahwa Tjahjo meminta gubernur mengganti Sekretaris Daerah yang tidak bisa menjabarkan janji-janji kampanye, sebab menurut Tjahjo, para gubernur terpilih akan menerapkan seluruh janji kampanye yang pernah ditawarkan kepada masyarakat.

Sementara itu, nama Darda Daraba sendiri bukanlah orang baru di lingkungan birokrat Gorontalo. Dulunya, Darda sempat menjadi Kadis PU Kabupaten Pohuwato, di masa Bupati Zainudin Hasan. Hingga kemudian, ditarik ke pemprov juga untuk mengisi jabatan serupa. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.