Dapil Bakal Tak Berubah, Awal Maret Ditetapkan

Suasana Raker KPU Provinsi Gorontalo, bersama partai politik dalam rangka penyusunan dan konsultasi publik penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2019.

RadarGorontalo.com – Dalam Pemilihan Umum 2019, tidak ada perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) baik itu Dapil di provinsi ataupun Dapil kabupaten/kota. Itu terungkap dalam rapat kerja penyusunan dan konsultasi publik penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota Pemilu 2019, kemarin.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Ahmad Abdullah, menjelaskan perubahan Dapil di DPRD Provinsi Gorontalo, tidak ada perubahan. Bahkan Dapil untuk provinsi sudah tidak dapat dirubah, karena sudah menjadi bagian dari lampiran Undang-undang.

Untuk kabupaten/kota sendiri kata Ahmad, ada dua daerah yang mengusulkan perubahan Dapil. Seperti Kota Gorontalo, yang awalnya hanya 4 Dapil, diusulkan menjadi 5 Dapil. Begitu juga dengan Kabupaten Boalemo, yang mengusulkan untuk bisa menjadi 5 Dapil, pada Pemilu sebelumnya hanya 3 Dapil. “Usulan Dapil ini sudah sejak Pemilu 2014 lalu, namun usulan itu tidak diterima oleh KPU RI, yang memiliki kebijakan untuk menetapkan Dapil,” ujarnya.

Berkaca dari usulan perubahan Dapil pada Pemilu lalu kata Ahmad, besar kemungkinan tidak ada perubahan Dapil ditingkat kabupaten/kota. Karena sebelumnya sudah pernah diusulkan, namun ditolak. Namun KPU Provinsi Gorontalo kata Ahmad lagi, hanya menerima usulan, yang memiliki hak untuk menetapkan adalah KPU RI.

Dijelaskannya, untuk menetapkan Dapil, harus memperhatikan beberapa prinsip penataan Dapil dan alokasi kursi seperti, prinsip kesetaraan nilai suara, prinsip ketaatan pada sistim pemilu proporsional, prinsip proporsionalitas, prinsip integritas wilayah, prinsip dalam satu wilayah yang sama, prinsip kohesivitas, prinsip kesinambungan. “Sesuai dengan tahapan Pemilu 2019, penetapan Dapil akan dilakulan serentak pada awal bulan Maret mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua KPU Boalemo Amir Koem, menjelaskan Kabupaten Boalemo, melalui partai politik mengusulkan 5 Dapil, salah satu Dapil yang berubah yaitu Dapil Paguyaman-Paguyaman Pantai, diubah menjadi Dapil Paguyaman Pantai dengan Dulupi.

Sementara Paguyaman, diusulkan menjadi Dapil sendiri. “Begitu juga dengan kecamatan lain, seluruh Dapil mengalami perubahan. Namun usulan ini, hanya diusulkab Oleh satu partai saja, sementara sebagian partai lagi memilih untuk diam dan sebagian menerima apa keputusan KPU nanti, ” paparnya.

Berbeda dengan Kota Gorontalo, Anggota KPU Kota Gorontalo Lapandri Ilahude, mengatakan untuk Kota Gorontalo, usulan perubahan Dapil hanya berada di Dapil II, Kecamatan Kota Utara, Sipatana dan Kota Tengah. “Usulan yang masuk, Kota Tengah diminta untuk menjadi Dapil sendiri. Sementara Dapil lain, tidak ada usulan perubahan, ” urainya. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.