Dapat Silver Play Button, Penghasilan Youtuber Gorontalo ini Capai Puluhan Juta

Andi Kahar alias Andhika Gemintang dan Silver Play Button yang baru diraihnya

Inspirasi Anak Muda

RadarGorontalo.com – Video creator, salah satu profesi baru yang muncul di era digital. Hanya dengan sedikit modal, seorang video creator bisa meraup keuntungan besar. Cukup dengan menggungah video yang telah dikemas sekreatif mungkin ke situs YouTube, kemungkinan untuk mendulang Dollar terbuka lebar.

LAPTOP dibuka. Kemudian dinyalakan. Begitu terhubung ke wifi, ia langsung membuka situs yang paling banyak dikunjungi orang. Ia lalu menyodorkan sebuah tayangan yang “berstatus” ON TRENDING, Cover Parody, lagu Havana versi nama-nama Hantu yang baru di-upload 3 Mei lalu. “Kau lihat ini!. Video ini karya Andhika Gemintang, anak Gorontalo. Dan dia baru saja mendapat Silver Play Button dari YouTube Amerika, karena akumulasi subscribe videonya telah melebihi 100 ribu subscribers,” kata Rully, rekan seprofesi saat nongkrong di salah satu warung kopi di bilangan Panjaitan, Senin sore.

Video-video kreasinya, kata Rully, sudah ditonton jutaan orang. “Ini dia orangnya!,” kata Rully dengan telunjuk mengarah ke sosok yang berada di seberang meja. Ternyata nama aslinya, Andi Kahar. Dulunya dia bekerja di salah satu studio. Tapi pada akhirnya dia resign dan memilih menjadi video creator. Penghasilannya kini, kurang lebih Rp. 10 Juta perbulan.

“Seorang video creator, penghasilannya lumayan menjanjikan. Cukup dengan 1000 subscriber dan 4000 jam ditonton dalam setahun (monetisasi dan AdSence), sudah bisa menghasilkan uang. Dan untuk sampai kesana, butuh kesabaran dan konsistensi,” kata Andi. Sejauh ini, ia masih konsisten dengan video-video music parody, hingga ia mendapat Silver Play Button. “Dalam sebulan, sekitar 12 video music parody saya unggah ke YouTube. Dan ada rencana untuk membuat video selain cover parody. Tapi tetap mempertimbangkan peluang yang ada,” kata Andi.

Menurut Andi, ada banyak tantangan yang dihadapi para YouTubers. Perubahan regulasi di YouTube, menjadi salah satu tantangan yang kerap mematahkan semangat para YouTubers pemula. “Kuncinya cuma satu!. Teruslah fokus. Tantangan harus ditaklukan,” kata Andi, yang kini telah mengunggah kurang lebih 100 video parody.

Sedikit mengintip video hasil kreasi Andi. Video music parody Despacito versi nama-nama pemain Timnas Indonesia, adalah video pertamanya yang diunggah di YouTube pada akhir Agustus 2017, kini telah mencapai 8 juta views. Begitu juga dengan music parody Jaran Goyang 56 Hero Mobile Legends, juga 8 Juta views dan masih banyak lagi video miliknya yang ditonton jutaan orang.

Andi Kahar alias Andhika Gemintang, adalah satu diantara banyak pemuda “zaman now”, yang mampu membaca peluang. Dengan kemampuannya membuat dan mengemas video sederhana tapi menarik dan unik, Andi mampu merubah peluang menjadi uang. “Jangan kapok meng-upload video di YouTube. Yakinlah, usaha tidak akan menghianati hasil,” tutup lulusan SMK Suwawa, Jurusan Teknik Komputer Jaringan ini.(rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *