Danau Bayalo, Pertemuan Yang Tak Disengaja

Danay Bayalo Kecamatan Mananggu, Kab. Boalemo (foto by : Steve Supit Instanusantara)
Danau Bayalo Kecamatan Mananggu, Kab. Boalemo (foto by : Steve Supit Instanusantara)

RadarGorontalo.com – Banyak yang tidak tahu tempat ini. Biasanya, kalau menuju wilayah barat, samar-samar terlihat tapi biasanya, dilewati begitu saja. Tak tahunya, di dalam ada danau yang dinamai Danau Bayalo. Akses menuju lokasi ini terbilang mudah.. Dari akses jalan trans sulawesi, tepatnya di Polsek Mananggu, jalan ke atas. Ini adalah cerita teman-teman dari Instanusantara, yang sempat hunting April silam. Menariknya, spot semenarik itu tak masuk dalam list Pemkab Boalemo.

Singkat cerita, pertemuan tak sengaja itu berbuah cerita singkat nan menarik. Jaraknya hanya kurang lebih 800 meter. Untuk sampai di lokasi tersebut, warga bisa memilih menggunakan alat transportasi baik roda dua maupun roda empat. Bahkan, setibanya di Balayo, pengungjung bisa berjalan kaki sembari melintasi perkebunan milik warga sekitar. Setibanya di kawasan pemukiman warga, pengunjung akan disambut dengan keramahan warga Gorontalo dan Jawa Tondano di Desa Pontolo, Salilama dan Kramat.

foto by. Steve Supit Instanusantara
foto by. Steve Supit Instanusantara

Bagi warga Mananggu, danau itu menjadi salah satu kekayaan alam. Pasalnya, di tempat tersebut warga sekiar juga kadang mencari kehidupan dengan berburu ikan. Bagi yang berjiwa petualang, spot wisata ini sangat cocok. Apalagi yang punya hobby fotografi. Dari ibukota Kabupaten Boalemo, Kecamatan Tilamuta, pengunjung harus menempuh jarak kurang lebih 23 KM atau kurang lebih 45 menit dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Memasuki pintu gerbang Kecamatan Mananggu, di Puncak Gunung Hati-Hati, pengunjung akan disambut dengan pemandangan lautan pohon kelapa yang begitu indah. Terlebih, ketika fajar menyingsing di pagi hari. Barisan kabut awan seakan menutup ribuan pohon kelapa yang berjejer. Layaknya negeri di atas awan. (naldy/RG)

Share

Comments

comments

2 thoughts on “Danau Bayalo, Pertemuan Yang Tak Disengaja

  • 11 August 2016 at 09:07
    Permalink

    Untuk para pelancong dari luar Gorontalo. Di Gorontalo danau berada di datar rendah. Bulalo (Danau) Bayalo terletak di 0.4815 Derajat Lintang Uara dan 122.1568 Derajat Bujur Timur, permukaan air danau sama dengan permukaan laut (DPL 0). Satu km ke Timur Laut dari Bulalo Bayalo ada Bulalo Teratai pada koordinat 0.4904Derajat Lintang Utara , 122.1687Derajat Bujur Timur. Dari angka koordinat ini para pelancong “zaman digital” sudah bisa memperkirakan jarak, medan dan cuaca. Kebanyakan panduan lokasi wisata di Gorontalo tidak menyebutkan koordinat. Mungkin masih diantrian belakang di teknologi digital. Semoga bermanfaat.
    Catatan : Saya sudah berkali-kali lewat disitu, bahkan sampai hulu Sungai Malango dan daerah terpencil di perbatasan Buol.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.