Cek Daftar Pemilih Bisa Melalui Perangkat Mobile, Begini Caranya…

Aplikasi Cek Daftar Pemilih Melalui Android
Aplikasi Cek Daftar Pemilih Melalui Android

Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Pemilih

RadarGorontalo.com – KPU Provinsi Gorontalo melakukan launching pengecekan daftar pemilih secara mobile, Kamis 3/11. Fasilitas aplikasi mobile ini dapat diakses dengan mengirim pesan singkat dengan menggunakan telepon genggam, aplikasi android maupun langsung melalui website. “Inovasi ini untuk perbaikan dan nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Winarni D. Monoarfa, saat memberikan sambutan saat launching pengecekan daftar pemilih secara mobile.

Menurut Winarni, pengecekan daftar pemilih mobile ini sebagai bentuk transparansi data pemilih dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Gorontalo. Dengan adanya aplikasi ini akan memudahkan akses informasi. “Akses informasi lebih mudah,” katanya. Aplikasi SMS center, android dan website ini akan menjamin hak konstitusional bagi pemilih. Dengan layanan ini, ada kepastian bagi pemilih dan bisa mengetahui dengan cepat sudah terdaftar atau tidak. Selanjutnya, menurut Prof Winarni, dengan adanya aplikasi pengecekan daftar pemilih mobile dapat mengeleminir dampak kecurangan yang terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT) kerja lebih efisien, efektif dan transparan. Tantangannya adalah bagaimana dengan pemilih yang berada di lokasi yang tidak memiliki signal. Penggunaan aplikasi ini harus lebih disosialisasikan agar masyarakat bisa lebih cepat mengecek namanya sudah terdaftar atau belum dalam daftar pemilih.

Disamping itu juga, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa, menambahkan jika masyarakat yang ingin mengetahui jika dirinya sudah terdaftar atau tidak, cukup dengan mengirimkan pesan singkat melalui SMS di nomor 085255664554. “Format SMS ketik ‘Pemilih’  spasi Nomor Induk Kependudukan (‘NIK’),” ujarnya sembari menambahkan, bisa juga langsung menginstall aplikasi KPU Prov. Gorontalo melalui play store. (rg-60)

Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Pemilih Disini :

Android : KPU Prov. Gorontalo

SMS : Ketik Pemilih <Spasi> NIK Kirim ke: 085255664554

Website:

http://kpu-gorontaloprov.go.id

http://kpu-pohuwatokab.go.id

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *