Sen. Mei 20th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Cegah Peredaran Narkoba, Polda Gorontalo Siapkan Anjing Pelacak

2 min read
Suasana latihan 3 anjing pelacak narkotika oleh pawangnya, yang berlangsung dihalaman Mapolda Gorontalo

RadarGorontalo.com – Seiring dengan penyalahgunaan narkotika di Gorontalo, Polda Gorontalo terus meningkatkan fasilitas pelacak narkotika yang melekat di Dit Sabhara. Seperti tiga anjing pelacak, yang dianggap mampu untuk meringankan kerja Kepolisian seperti disaat melakukan razia, ujuk rasa, Oprasi Bersinar (Narkotika, pengamanan markas dan lain sebagainya.

Fasilitas ini, sudah ada sejak 2012 dengan jenis anjing dua ekor jenis Ras Belgian Melanois dan satu ekor jenis German Xpert. Menurut Dit Sabhara Kompes Pol Ulami Sudjaja, dimana keberadaan satwa anjing ini sangat membantu tugas- tugas kepolisian dan selama ini, mereka sudah dilibatkan dalam berbagai kegiatan.

Dijelaskannya juga, tiga ekor anjing ini, dilatih seminggu dua kali guna untuk mengajarkan anjing-anjing agar peka dan tau apa yang akan dilakukan. “Kami rutin melaksanakan pelatihan satwa anjing ini seminggu dua kali, hal ini dalam rangka memelihara kemampuan dan peningkatan ketaatan dan kepatuhan satwa anjing terhadap pawangnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK turut menambahkan,sejak Polri mandiri berbagai perubahan telah dilakukan baik struktural, instrumental dan juga kultural. Keberadaan satwa anjing ini juga merupakan bagian dari perubahan tersebut dalam rangka mendukung tugas- tugas Polri sebagai pemelihara Kamtibmas, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan , pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya satwa anjing di Polda Gorontalo sebagaimana dijelaskan oleh Direktur Sabhara sangat mendukung dalam pelaksanaan tu

gas kepolisian dan Polda Gotontalo memiliki 3 ekor satwa anjing dengan kemampuan lacak umum 1 ekor dan 2 ekor lainnya memiliki kemampuan lacak khusus yaitu lacak narkoba. “Jadi bagi masyarakat Gorontalo jangan coba-coba jadi pengedar Narkoba kalau tidak mau berurusan dengan Unit Satwa Anjing yang dimiliki oleh Dit Sabhara Polda Gorontalo,” tegasnya. (rg-60)

Share

Tinggalkan Balasan