Catatan Positif Gubernur BI Terhadap Gorontalo

pose foto bersama, Gubernur BI Agus Martowardojo, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kepala KPW BI lama dan yang baru, serta unsur muspida provinsi, Senin (29/1)

Dari Sertijab Kepala KPW BI Gorontalo

RadarGorontalo.com – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, memberikan catatan baik terhadap pertumbuhan ekonomi Gorontalo. Bahkan, dalam sambutannya, Senin (29/1), dirinya berulang kali menyampaikan apresiasi terhadap terobosan pemerintah provinsi membangun infrastruktur, seperti jalan dan ketersediaan energi listrik. Bahkan rencana pendirian KEK diyakini, akan menjadi magnet kuat untuk menarik investor masuk ke daerah ini.

Kedatangan Gubernur BI sendiri, merupakan bagian dari rangkain serah terima jabatan Kepala Perwakila BI Gorontalo dari pejabat lama Suryono kepada pejabat baru Ricky Perdana Gozali, yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Maqna Kota Gorontalo. Kegiatan inipun dihadiri sejumlah pejabat tinggi daerah, seperti Gubernur Rusli Habibie, Sekprov Winarni Monoarfa bahkan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmat Fudail.

Mengawali sambutannya, Gubernur BI Agus Martowardojo berbicara soal pertumbuhan ekonomi Nasional yang cukup baik dan memenuhi target yang sudah ditentukan. Soal Gorontalo sendiri, Agus memberikan apresiasi positif atas pertumbuhan ekonomi yang rata-rata berada pada angka 7 persen dan melampaui pertumbuhan nasional. Walaupun inflasi masih relatif tinggi, tapi itu masih berada pada tren penurunan. Kendati demikian, Agus berpesan agar penanganan kemiskinan harus benar-benar dilakukan, mengingat kemiskinan di Gorontalo masih cukup tinggi.

Disisi lain, Agus sepertinya menaruh perhatian khusus terhadap terbosan-terobosan Pemprov Gorontalo dibawah pimpinan Gubernur Rusli Habibie. Seperti pembangunan pembangkit listrik tenaga gas di Pohuwato. “kami mencatat pak gubernur, tidak banyak provinsi yang berhasil mencapai kersediaan listrik, seperti yang dicapai oleh Gorontalo saat ini,” ungkapnya.

Tak cuma itu, pembangunan jalan Gorontalo Outer Ring Road (GORR) diyakini bisa memperlancar arus lalu lintas barang dan manusia. Begitu jbi guga proyek irigasi Randangan yang diharapkan bisa mendongkrak kinerja sektor pertanian.

Dari produksi komoditi pertanian, tingginya produksi jagung menjadi catatan tersendiri bagi Gubernur BI. ” kami dalam melakukan kajian, sangat mengangumi prestasi dari Gorontalo dalam meningkatkan produksi jagung kami melihat itu selama 3 tahun terakhir ada pningkatan tajam, dan menjadi panutan provinsi lain,” ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kinerja pejabat lama Kepala Perwakilan BI Gorontalo Suryono selama ini, yang dinilai sukses menjaga pertumbuhan ekonomi dan inflasi di Gorontalo. Lebih daripada itu, Suryono berserta jajaran dianggap berhasil memberikan pendampingan dan pembinaan UMKM daerah. “Dan yang lebih hebat lagi bisa membantu kami untuk membina dan membimbing para pengrajin UMKM khususnya karawo dan upia karanji. Bukan saja membina, tetapi juga ikut mempromosikan hingga ke Amerika Serikat,” puji Rusli. Bagi Rusli Habibie, tantangan besar bagi Kepala Perwakilan BI yang baru untuk dapat menjalin komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah. Khususnya dalam hal menjaga pertumbuhan ekonomi dan angka inflasi di Gorontalo. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *