Cara Rusli Selamatkan Kota dari Banjir

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat melakukan studi komparatif, tentang rencanan pembangunan Waduk Bone Hulu di Waduk Cirata Kabupaten Bandung Barat
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat melakukan studi komparatif, tentang rencanan pembangunan Waduk Bone Hulu di Waduk Cirata Kabupaten Bandung Barat

Pembangunan Waduk Bone Hulu 

RadarGorontalo.com – Membangun Waduk Bone Hulu, adalah cara Gubernur Rusli Habibie untuk menyelamatkan Kota Gorontalo dari genangan banjir yang hampir tiap tahun melanda rakyat Kota. Apalagi pada musim banjir tiap 5 tahunan, yang genangannya hampir menutupi seluruh daratan Kota Gorontalo. Sejak dilantik jadi Gubernur, persoalan banjir ini selalu membuat Rusli gelisah, berpikir bagaimana solusinya.

Namun, inilah cara Rusli untuk mengatasi persoalan tersebut, adalah Waduk Bone Hulu harus segera dibangun. Urusan lobi anggaran, Rusli jaminannya. “Pembangunan Waduk harus bisa, minimal ini kenang-kenangan saya dengan rakyat Bone Bolango. Dan tujuan utama saya tak lain adalah mengatasi banjir di Kota Gorontalo yang merupakan banjir kiriman dari Sungai Bone Bolango,” kata Gubernur Rusli Habibie, saat meninjau Waduk Cirata, Bandung Barat, Kamis (6/10), bersama 25 rombongan Kepala Desa, Camat dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda Kecamatan Suwawa Timur.

Baca Juga : Warga Dukung Pembangunan Waduk Bone-Hulu, Tetapi…

Waduk ini juga nantinya akan menjamin ketersediaan air baku untuk rakyat Bonbol, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo sebahagian. Disitu juga bisa pembudidayaan ikan tawar lewat jaring apung serta menjadi sumber pembangkit tenaga listrik dan destinasi wisata. “Tapi tujuan saya hanya untuk mengendalikan banjir, yang lain itu adalah manfaat ikutan,” kata Rusli kembali menegaskan opsesinya segera membangun Waduk.

Tak hanya itu, menurut Rusli jika Waduk Bone Hulu sudah terbangun, manfaatnya bukan saja 5 item di atas, tapi juga sangat bermanfaat buat warga Kecamatan Pinogu, yang hingga kini sangat kesulitan dengan akses jalan. Dimana genangan air Waduk Bone Hulu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Pinogu menjadi jalur transpor dengan mengunakan perahu Katintin. “Kan akan lebih mudah karena Katinting langsung ke Pinogu sana, daripada hingga sekarang kita kesulitan urus izin pembangunan jalan ke Pinogu,” jelas Rusli. (RG-50)  

Share

Comments

comments

One thought on “Cara Rusli Selamatkan Kota dari Banjir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.