Bukit Dumbo, Saksi Bisu Perjuangan

Pengibaran bendera raksasa di bukit Dumbo. (f.abink)
Pengibaran bendera raksasa di bukit Dumbo. (f.abink)

Warga Talumolo Kibarkan Merah Putih Raksasa

RadarGorontalo.com – Biarlah Jarum Ini Melukai Tangan, Karena Darah Yang Keluar Itu Adalah Warna Bendera Negara Kita, Yang Berani Menguatkan Putih Tulang Kita. Kalimat ini yang diungkapkan Irfan Wenas, warga Kelurahan Talumolo yang ditemui ketika hendak merajut 700 karung bekas. Yang dikumpulkannya bersama masyarakat setempat, untuk dibuat menjadi Bendera Merah Putih Raksasa berukuran 30 x 30 meter.

Dalam waktu sepekan, dengan tehnik manual Irfan bersama rekan-rekannya itu, berhasil membuat Bendera Merah Putih ukuran besar, yang siap di kibarkan di Bukit Dumbo. Yang konon katanya, merupakan salah satu saksi bisu perjuangan memerdekakan Gorontalo dari penjajah kala itu. Bukit itu, menjadi tempat persembunyian para pejuang dulu, saat menghindari kejaran penjajah.

Bendera Merah Putih yang memiliki berat 40 kg itu, tepat pukul 12.00 WITA selasa kemarin, dipikul Irfan bersama rekannya untuk dinaikkan ke atas bukit. Sinar matahari siang itu yang panas, membuat mereka berkeringat dan lelah. Namun, sedikitpun tidak mengendorkan niat nasionalisme mereka, ketika menaiki 45 anak tangga dibawah bukit itu, untuk sampai ke atas bukit skral tersebut. Bahkan bukan hanya Irfan dan rekan-rekannya saja, tapi bocah-bocah yang berada di Talumolo, antusias membantu mereka.

Pengibaran bendera raksasa di bukit Dumbo. (foto : Abink/RG)
Pengibaran bendera raksasa di bukit Dumbo. (foto : Abink/RG)

Ditengah perjalanan menuju bukit itu, kaki mereka sering tergelinjir kebawah, karena bukit itu memiliki terjal yang cukup ekstrim. “Ini baru namanya perjuangan, Maju Merah Putih…,”teriak Irfan mengajak rekan-rekannya, untuk menlanjutkan perjalanan. Setelah sampai di atas bukit Dumbo,  serentak mereka berteriak “MERDEKA”. Kata Irfan, tak ada yang bisa membayar rasa lelah mereka, kecuali dengan Kemerdekaan.

Tidak butuh waktu lama, berbagai persiapan seperti memangkas rumput di atas bukit, untuk ditempatkan bendera raksasa, langsung dilakukan mereka. Dan seperti sudah berkenalan lama, Irfan mengahampiri awak media ini dan berbisik, pembuatan bendera Merah Putih raksasa ini, sudah menghabiskan 10 kaleng cat merah dan putih. Kemudian, ketika usai mempersiapkan segala persiapan, sembari menuggu azan Ashar selesai. Irfan bersama rekan-rekanya langsung berbondong-bondog ambil posisi didekat bendera itu.

Dan selanjutnya langsung membuka perlahan-lahan bendera tersebut, dengan maksud untuk mengibarkannya di atas Bukit Dumbo. “Bismillah, tarik….., teriak Ifran ketika memberikan arahan. “Alhamdulillah, akhirnya perjuangan kita selesai, besok kita akan upacara disini. Dan akan menyalakan tanda peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 71,”ungkapnya. (Abink/RG)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.