Kam. Jun 20th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Buka Fakultas Kedokteran, 2019 UNG Terima Maba

2 min read
Suasana pertemuan tim Pemprov yang dipimpin wagub Idris Rahim, bersama Menristek Dikti di Jakarta kemarin

RadarGorontalo.com – Perjuangan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk keberadaan Fakultas Kedokteran di Universitas Negeri Gorontalo, membuahkan hasil. Bahkan Fakultas Kedokteran UNG ditargetkan bisa mulai beroperasi dan menerima mahasiswa baru pada tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Riset teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, pada pertemuan bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Idris Rahim, di Kantor Kemenristekdikti, Jakarta, Jumat (26/10).

Wagub menjelaskan, untuk menindaklanjuti target tersebut, Kemenristekdikti akan segera melakukan visitasi sebagai dasar untuk keluarnya persetujuan terhadap pembentukan Fakultas Kedokteran UNG.

“Awal bulan November, Kemenristekdikti akan segera melakukan visitas, dan pada Desember 2018 akan diupayakan segera keluar persetujuan Fakultas Kedokteran UNG.

Menristekdikti akan terus mendorong agar Fakultas Kedokteran ini bisa beroperaasi dan menerima mahasiswa baru pada tahun 2019,” jelas Idris.

Lebih lanjut Idris mengutarakan, pada pertemuan itu juga dibahas tentang pembentukan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) wilayah Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah (Gosulutteng), yang berkedudukan di Provinsi Gorontalo.

Terkait pembentukan L2Dikti Gosulutteng tersebut, Menristekdikti Mohamad Nasir meminta kepada Pemprov Gorontalo untuk melakukan percepatan pensertifikatan tanah yang akan menjadi lokasi pembangunan kantor L2Dikti.

“Pemprov Gorontalo memberi dukungan penuh terhadap pembentukan L2Dikti di Gorontalo. Kami telah memberikan hibah tanah untuk pembangunan kantor L2Dikti, dan juga melakukan rehabilitasi kantor gubernur lama yang dijadikan sebagai kantor sementara L2Dikti Gorontalo,” tutur Wagub.

Sementara itu terkait rencana peresmian kampus UNG di Kabupaten Bone Bolango yang menjadi salah satu poin yang dibahas pada kesempatan itu, Menristekdikti meminta kepada Pemprov Gorontalo untuk segera menyurat kepada Presiden Joko Widodo.

“Menristekdikti meminta agar Pemprov Gorontalo segera menyurat ke bapak Presiden untuk meminta kesediaan beliau untuk meresmikan kampus UNG. Kita akan segera menindaklanjutinya dan direncanakan peresmian akan dilakukan pada 20 Desember 2018,” pungkasnya. (RG-25)

Share

Tinggalkan Balasan