Bongkar Kabinet Akhir Tahun

Nelson Pomalingo

Posisikan Pejabat Sesuai Keahlian

RadarGorontalo.com – Mutasi besar besaran akan terjadi di pemerintahan Nelson Pomalingo –Fadli Hasan diakhir tahun 2016, diperkirakan pergeseran mulai dari tingkat asisten, skpd, camat hingga kepala desa. Selain alasan adanya OTK baru, alasan lain adalah menyesuaikan keahlian (pendidikan) pejabat dengan tupoksi kinerjanya. “ Mutasi itu hal yang biasa dalam penataan jajaran b irokrasi sebuah pemerintahan. Khusus di kabupaten Gorontalo nantinya jabatan akan disesuaikan dengan latar pendidikan,” ujar Bupati Nelson Pomalingo saat diwawancarai Radar Gorontalo ba’da magrib Kamis (15/12) .

Diakui Nelson sejumlah jabatan kini tidak sesuai dengan latar pendidikan, menyebabkan sebuah badan atau dinas tidak berjalan maksimal. “ Tentunya akan ada evaluasi secara men yeluruh sebelum dilakukan mutasi jabatan,’ ujar Nelson. Menurutnya, pimpinan asisten ,SKPD, camat dan lurah haruslah punya tanggung jawab besar didalam menyusun dan mengaplikasikan program ditingkat masyarakat, jangan sampai pimpinan satu lembaga tidak memiliki inovasi karena tidak memiliki latar belakang ilmu sesuai dengan lembaga yang dipimpinanya. “ Tentunya akan atur lagi, nantinya SKPD seperti Dinas Pertanian, tentunya dijabat oleh Ir Pertanian, demikin juga PU Sarjana Teknik. “ Karena nantinya sarjana pariwisata disuruh jabat dinas peternakan, nantinya hasilnya Cuma jalan jalan saja,’ tukas .

Selain itu Nelson juga menyentil peran dan tugas camat dan kelurahan dan kepala desa, yang harus menguasai wilayah dan mengetahui potensinya. Ia menyatakan, seorang camat memahami beetul kebutuhan dan potensi desa yang bisa dikebangkn. “ Satu daerah akan kuat jika desanya maju, kelurahannya memiliki inovasi inovasi dalam pembangunan. Karena sekarang ini kekuatan desa dan kelurahan menjadi pendorong utama kemajuan satu kabupaten atau kota,” ujar Nelson lagi.

Sehingga 2017 nanti, akan ada program yang nantinya seluruh skpd hingga camat semuanya turun ke desa. Agar nantinya tidak ada jarak antara camat dan desa. “ Bukankah kecamatan itu adalah utusan pemerintah kabupaten, guna menyampaikan dan mengawasi program pemerintah di setiap desa,’ ujar Nelson Pomalingo. (rg-20)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *