Bonbol – Kabgor Hilang 1 Kursi?

Jatah Kota untuk Deprov Tambah 1 Kursi

RadarGorontalo.com – Sebenarnya jumlah penduduk Kota Gorontalo sudah mencapai 200 ribu orang, hanya saja belum semuanya yang memiliki E-KTP. Jadi agar Jumlah kursi Dekot bisa jadi 30, maka semua penduduk yang sudah wajib memiliki KTP harus mengurus E-KTP.

Dengan jumlah pengurus sebesar 200 ribu, maka sudah seharusnya kursi wakil rakyat di Dekot berjumlah 30. Artinya pada Pemilu nanti, jumlah kursi Dekot akan ketambahan 5 kursi. “Kendalanya masih banyak warga Kota yang belum punya E-KTP,” kata Walikota Marten Taha. Jadi kata Marten lagi, dari segi jumlah penduduk, Dekot sudah memenuhi syarat memiliki 30 kursi.

Ditanya bagaimana dengan Deprov, Marten mengatakan untuk Deprov, Kota akan dapat jatah tambahan 1 kursi, tetapi jumlah kursi Deprov tetap 45 kursi. Lalu dari mana 1 kursi tambahan dari Kota Gorontalo. Menurut Walikota satu kursi itu bisa dari Bonbol atau Kabgor. Artinya dua daerah itu bisa dikurangi jumlah kursinya. Ditanya kemampuan daerah untuk menggaji 30 Aleg, Marten mengatakan soal itu tak ada masalah. “Daerah pasti bisa membiayai,” kilahnya. Sementara soal Pilgub, Marten mengatakan, warga Kota yang belum ada E-KTP tetap bisa memilih. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.