‘BONBOL’ Ganti Nama

BUPATI Hamim Pou didampingi Wabup Kilat Wartabone pada acara pembukaan Bone Bolango Expo 2016 di lapangan Ippot, kecamatan Tapa. (foto/hms-sehe)
BUPATI Hamim Pou didampingi Wabup Kilat Wartabone pada acara pembukaan Bone Bolango Expo 2016 di lapangan Ippot, kecamatan Tapa. (foto/hms-sehe)

BONE BOLANGO (RadarGorontalo.com) – Sabtu (14/5), Bupati Hamim Pou didampingi Wabup Kilat Wartabone membuka secara resmi kegiatan Bone Bolango Expo 2016 yang dipusatkan di lapangan Ippot kecamatan Tapa. Ada hal menarik yang disampaikan Bupati Hamim Pou. Bukan hanya melaporkan perkembangan kinerja pemerintahan atau capaian program pembangunan selama 13 tahun berdirinya kabupaten Bone Bolango. Namun pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou juga mengganti singkatan kabupaten Bone Bolango yang sering kali menjadi branding kabupaten penghasil kopi Pinogu ini. “kalau sebelumnya, Bone Bolango disingkat Bonbol, maka sekarang harus diganti dengan singkatan Bola. artinya Bone Bolango disingkat Bola.” ujar Hamim.

Kenapa harus diganti? Hamim menuturkan kalau Bonbol itu sering diidentikan dengan kata Bobol atau Jebol. “kalau singkatanya Bola, maka ada filosofi keceriaan atau menyenangkan. sehingga itu mulai sekarang Bone Bolango brandingnya adalah kabupaten Bola Cemerlang.” tutur Hamim. Pada kesempatan itu pula, Bupati Hamim menyampaikan bahwa tentu dalam perjalanan 13 tahun ini banyak tantangan yang dihadapi dan banyak juga prestasi yang sudah dicapai. “dulu, Bone Bolango selalu dianggap sebelah mata dan diremehkan. sekarang Bone Bolango mulai menunjukan jati diri dan tampil lebih baik.” tegasnya.

Hamim menambahkan ukuran raport itu bisa dilihat dari segi pembangunan. Dulu untuk melihat kantor susah sekali, sekarang sudah belasan kantor yang dibangun. Demikian pula persentase kemiskinan yang dulu sekitar 20 persen sekarang tinggal 16 persen. Demikian juga disektor-sektor lain termasuk juga dari sisi tingkat pendidikan, pendapatan, dan derajat kesehatan. “untuk pendidikan, kesehatan dan pendapatan masyarakat yakni Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Bone Bolango urutan ke dua setelah Kota Gorontalo berdasarkan data BPS.” tambahnya. Kalau dulu, pengelolaan administrasi dan keuangan amburadul. Sekarang laporan keuangan Bone Bolango meraih predikat tertinggi dari BPK yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sehingga itu, Hamim meminta kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kekompakan, mendukung program pemerintah Bone Bolango menuju terwujudnya visi Bone Bolango Cemerlang. (RG-46)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *