Bermodal Niat Sejak Kecil, Riska JCH Gorontalo Termuda

RISKA ARINI DANIAL

RadarGorontalo.com – SANGAT jarang, anak muda asal provinsi Gorontalo, terpanggil dan diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Salah satunya, berkah yang saat ini dijalani oleh Riska Arini Danial. Gadis yang 13 Januari 2018 lalu, baru genap berusia 18 tahun ini, tercatat merupakan Jamaah Calon Haji (JCH) termuda asal provinsi Gorontalo, yang bersama 990 lebih JCH asal provinsi Gorontalo, menunaikan ibadah haji pada musim 2018 atau di tahun 1439 Masehi ini. “Motivasi saya itu, terbangun sejak kecil, dari cerita-cerita ibu saya, tentang Makkah dan Madinah, serta banyak ragam keistimewaan dalam berhaji lainnya. Alhamdulillah, dari cita-cita dan niat saya sejak kecil ini, dikabulkan dan diizinkan Allah SWT, sudah bisa menunaikan ibadah haji di usia 18 tahun. Saya lebih merasa bersyukur lagi, bisa berangkat bersama-sama bapak dan ibu, kakak, dan paman bibi saya,” ujar Riska, saat dihubungi via telepon selulernya, langsung di Arab Saudi, Minggu (19/8).

DISIPLIN BERQURBAN

Banyak pengalaman yang dialami Riska, di 10 hari pertama, saat dirinya dan JCH asal provinsi Gorontalo, berada di tanah suci Makkah Al Mukaramah. Salah satunya, kedisiplinan masyarakat Arab Saudi dalam Berqurban. “Ketika saya berkunjung ke tempat pemotongan hewan (bayar DAM), kedisiplinan berqurban turut terlihat di barisan hewan-hewan yang akan diqurbankan. Mereka berbaris rapi, menanti giliran menjadi hewan qurban. Hal ini mungkin berbeda di tempat lain,” ujar dia. “Pun demikian, dengan tahapan pelaksanaan ibadah haji lainnya. Dimana, kaum muslimin, meskipun dari negara berbeda di seluruh dunia, biar tidak saling mengenal, mereka saling bertegur sapa dengan bahasa dari negara masing-masing. Yang anehnya, dari keberagaman ini, justru terjalin rasa kekerabatan dan persaudaraan muslim yang begitu erat. Subhannallah,” ujar mahasiswi dari STIKES Bina Mandiri Gorontalo ini.

ASA MUDA

Olehnya, kepada masyarakat Gorontalo, terlebih mereka yang masih berusia muda, Riska berharap, jangan takut menaruh asa atau harapan, ketika ingin berhaji. “Jika memang telah menjadi niat, apalagi sejak kecil, mulailah menabung. Insya Allah, dengan ridho dan jalan Allah SWT, akan dimudahkan segala usaha dan upaya kita. Siapa tahu, teman-teman di Gorontalo yang masih muda lainnya, diberikan kesempatan oleh Allah SWT, menunaikan ibadah haji tahun depan. Iya kan?” pungkas gadis yang hobi membaca ini.

Dikabarkan oleh Riska lagi, JCH asal provinsi Gorontalo, Minggu (19/8)  waktu Arab Saudi, telah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Wukuf di Arafah. Yang merupakan salah satu tahapan penting, dalam menunaikan rukun Islam yang kelima ini. (pg-12/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.