Beri Kewenangan BNN Sadap Telepon, Narkoba Tuntas

RadarGorontalo.com – BERTAMBAHNYA penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (Narkoba) dari tahun ke tahun, tidak lepas dari ‘dukungan’ dunia telekomunikasi. Dimana, pertumbuhan akan bandar dan pengguna baru narkoba, diduga lebih banyak didominasi jaringan telepon antar mereka saja.

Abd Wahid Ilham, Botu

HAL ini menjadi perbincangan menarik di kalangan anggota DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo, Senin (14/5). Menyikapi seakan tiada hentinya kasus-kasus narkoba, melanda masyarakat sipil biasa, pelajar, hingga pejabat pemerintahan sekalipun. “Dari pengguna narkoba pemula, hingga yang telah lama berkutat dengan barang haram itu, saya menduga kuat peran dunia telekomunikasi, dalam hal ini, jaringan telpon sangat membantu kelancaran akan transaksi yang mereka lakukan, dalam menjerat ‘mangsa’-nya,” ujar anggota Fraksi PPP di Deprov Gorontalo, Awaludin Pauweni.

Olehnya, menyambung indikasi dari Awaludin tersebut, Ketua Fraksi PKS di Deprov, Helmi Adam Nento, menilai ada benarnya. “Untuk itu, menurut saya, sudah saatnya dibuat regulasi atau aturannya oleh pemerintah pusat. Agar kewenangan dalam melakukan penyadapan telepon, tidak hanya diberikan kepada KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), untuk menangani kasus-kasus korupsi, hingga tidak sedikit yang berujung pada OTT (Operasi Tangkap Tangan).” kata Helmi. “Namun juga diberikan kewenangan penyadapan telepon ini, kepada BNN (Badan Narkotika Nasional). Khususnya dalam melacak setiap transaksi narkoba via telepon. Saya yakin, secara perlahan, niscaya akan tuntas penanganan narkoba di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah hukum se provinsi Gorontalo,” tandasnya.

Ditanya, bila hal ini menjadi opsi untuk digaungkan ke pemerintah pusat? “Oh, (fraksi) kami siap. Sudah saatnya, BNN harus dibekali regulasi, dibolehkan untuk melakukan penyadapan telepon, dalam memerangi narkoba. Seperti kewenangan yang memayungi KPK, dalam menumpas korupsi,” terang Awaludin dan Helmi, senada. (*/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.