Belum Terima Insentif, Aparat Desa Dilanda ‘H2C’ 

RadarGorontalo.com — Mayoritas aparat desa di Kabupaten Boalemo, hingga kini belum juga menerima insentif. Bahkan hingga memasuki bulan ke empat ini, insentif dari para aparat desa di Kabupaten Boalemo belum juga diterimakan. Hal ini juga turut dirasakan oleh aparat pemerintah Desa Bendungan, Kecamatan Mananggu.

Saat ditemui, Kepala Desa Bendungan, Suprat Ibura menjelaskan, hingga kini proses pencairan insentif bagi para aparat desa, masih sementara berproses di Dinas Sosial Kabupaten Boalemo. “Insentif aparat desa hingga saat ini masih di proses di Dinas Sosial di Kabupaten Boalemo,” terang Suprat.

Suprat juga menjelaskan, molornya penerimaan insentif bagi aparat desa yang kini sudah mencapai bulan keempat, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih adanya beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemerintah desa.”Memang masih ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh desa, ada usulan yang dimasikan di aplikasi sistem keuangan desa, itu tidak bisa masuk karena harus menyesuaikan degan aturan baru seperti permendes dan permendagri,” terang Suprat.

Meski demikian, molornya pencairan insentif bagi para aparat desa ini juga turut disebabkan oleh keterlambatan dari pihak pemerintah desa dalam melakukan penyusunan APBDes sehingga berimbas pada molornya pencairan insentif bagi aparat penerintah desa.

Kades Bendungan berharap, kedepan agar pihak Dinas Sosial maupun Bagian keuangan Setda Boalemo agar bisa merubah sistem untuk dapat mempercepat proses pencairan insentif bagi aparat pemerintah desa, sebab hal ini bukan merupakan kali pertama terjadi di desa di Kabupaten Boalemo. “Sinkronisasi antara Dinas Sosial dan Bagian keuangan  Boalemo agar Bagaimana bisa merubah sistim sehingga proses pencairan ini dapat lebih dipercepat,” pungkasnya. (rg-45/rg-27)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *