Belajar Keberagaman Dari Anak Scooter, ‘Satu Vespa Sejuta Saudara’

Kebersamaan anak scooter pada Celebes Scooter Party (CSP) ke XII di GOR David-Tonny, Kabupaten Gorontalo.

RadarGorontalo.com – Mereka datang dari berbagai latar belakang profesi, suku, agama dan budaya. Tapi kemudian mereka seakan bercampur menjadi satu dalam kentalnya rasa persaudaraan. Mereka dikenal sebagai pencinta mesin kanan. Rasa kebhinekaan yang terusik dengan pilkada DKI Jakarta, tak membuat rasa persatuan anak scooter runtuh. Persaudaraan mereka begitu kental, sekental kopi yang diseruput bersama di Celebes Scooter Party (CSP) ke XII di GOR David-Tonny, Kabupaten Gorontalo.

Ian Musa, Radar Gorontalo

Kurang jelas bagaimana sejarah sebenarnya sampai CSP ini tercetus. Namun yang pasti, iven ini berlangsung tiap tahun dan digilir ke setiap provinsi yang berada di wilayah sulawesi. Tapi bagi Gorontalo, ini dikenal sebagai iven lima tahunan, karena Gorontalo dapat jatah finishnya.

Bukan iven anak scooter kalau tidak ada yang unik-unik. Seperti CSP kali ini, selain peserta dari seantero Sulawesi, ada juga dari wilayah luar, seperti Sumatra, Jawa dan Papua. Seperti peserta yang datang dari Bukit Tinggi Provinsi Sumatra Barat. Menaiki scooter yang modifikasinya tak jelas (scooter gembel), dua orang asal Bukit Tinggi itu akhirnya mendarat di Gorontalo, setelah berjalan hampir 3 bulan. Mereka tiba, dua pekan sebelum CSP, yang dihelat dua hari sejak Jumat (22/4). Hadir juga club scooter dari Papua, Kalimantan, Brebes Jawa Tengah, bahkan scooter Indonesia yang bermarkas di Jakarta. Tak ada rasa takut dibenak mereka, karena selama wilayah yang mereka lewati ada club scooter maka disitu ada saudara. Slogan ‘Satu vespa sejuta saudara’ sangatlah kuat.

kebersamaan anak scooter pada Celebes Scooter Party (CSP) ke XII di GOR David-Tonny, Kabupaten Gorontalo.

Dari jauh terdengar raungan mesin kanan, anak scooter Gorontalo bergegas menjemput saudara mereka dari jauh. Tak perlu saling kenal nama, yang penting orangnya naik vespa, itu sudah lebih dari cukup. Jempol kanan diangkat sebagai salam persaudaraan. Satu per satu peserta maupun club, digiring panitia masuk ke GOR David – Tonny. Ada yang datang bersama kawan, ada juga yang datang dengan anak istri. Bahkan, ada dua gadis hijabers yang ternyata scooteris asal Palu.

Kendati ivennya outdoor dan dihelat selama 2 hari, tak ada kendala berarti yang dihadapi panitia. Maklum, mengurus anak scooter tidaklah sulit. Cukup disediakan tempat berteduh, plus makan-minum dan tempat mandi itu sudahlah cukup. Wajar, karena rata-rata anak scooter sudah terlatih bertahan hidup di kerasnya jalanan. Selama dua hari, berbagai kegiatan digelar seperti road race scooter, kontes vespa, hingga road show keliling Limboto.

Selama iven CSP, seluruh peserta berkumpul berbagi cerita dan pengalaman. Bahkan, ada yang berbagi suku cadang dengan harga teman. Tak ada sekat apalagi protokoler yang mengatur, cukup datang saja, angkat jempol dan cerita pun mengalir begitu saja. Tak ada bahasan berat, apalagi bahas kegaduhan politik belakangan ini. Tua-muda, senior – junior, semuua saling menghormati. “Apapun profesi, suku atau agama anda, disini kami saling menghargai” celoteh salah seorang dari mereka. Kendati menggunakan beragam dialek bahasa, tak ada kendala untuk saling bertukar cerita.

kebersamaan anak scooter di Kabupaten Gorontalo.

CSP ditutup resmi, Sabtu (23/4). Namun suara mesin kanan, masih terdengar sampai hari ini. Peserta luar daerah, masih bertahan untuk sekedar menikmati keramah tamahan saudara mereka di Gorontalo. Tak ada kesan negatif, semuanya positif. Anak scooter memberikan pelajaran sesungguhnya, apa itu persatuan dan persaudaraan. CSP juga seakan jadi pengobat rindu akan indahnya keberagaman di negeri ini, tanpa harus dikotori oleh kepentingan sesaat manusia tak bertanggung jawab. Sampai ketemu di CSP selanjutnya. Salam Mesin Kanan. (**/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.